Sampah Makanan di Indonesia Mencapai 40,31 Persen, Saatnya Makin Ramah Lingkungan

Redaksi | 26 Agustus 2022 | 03:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional yang dilansir dari website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menyebut, pada 2021, sampah makanan di Indonesia menyumbangkan sampah terbesar yakni sebanyak 40,31 persen. Data ini mengetuk pintu hati sejumlah pihak untuk mengajak sesama lebih ramah lingkungan. Hero Supermarket misalnya, bekerja sama dengan Foodcycle Indonesia untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menyumbangkan produknya agar dikelola Foodcycle Indonesia.

Prosesi kerja sama dilakukan di Hero Supermarket Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (25/8/2022) dengan dihadiri Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Diky Risbianto bersama General Manager Foodcycle Indonesia, Cogito Ergo Sumadi. Ini sekaligus  untuk memperingati ulang tahun ke-51, PT Hero Supermarket Tbk. Lewat siaran pers yang kami terima pekan ini, Diky menyebut kerja sama ini komitmen Hero Supermarket untuk jadi ritel yang selalu memberi dampak positif kepada lingkungan sekitar.

“Selain melalui produk-produk berkualitas dengan harga terbaik, kami fokus ke berbagai isu masyarakat. Salah satunya sampah makanan yang masih menjadi topik penting di Indonesia. Lewat kerja sama ini, kami hadirkan dropbox donasi yang ditempatkan di enam toko Hero Supermarket agar memudahkan pelanggan meletakkan surplus makanan mereka sehingga bermanfaat untuk yang membutuhkan. Ini sekaligus membantu mengatasi isu kelaparan dan sampah makanan yang masih menjadi tantangan saat ini,” kata Diky.

Kamala Lagoon, Hero Puri Indah Mall, dan Hero Taman Anggrek. Produk yang terkumpul akan disortir lalu disalurkan Foodcycle Indonesia ke panti asuhan dan yang membutuhkan. “Semoga kerja sama ini jadi salah satu gebrakan mengurangi sampah makanan sekaligus bentuk kepedulian kepada yang membutuhkan,” imbuh Cogito.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi