Wah, Polusi Udara Bisa Membuat Kita Gemuk?

Bunga Kusuma Dewi | 13 November 2018 | 22:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Polusi yang keluar dari asap mobil atau asap pabrik yang kita hirup sehari-hari sangat berbahaya bagi otak dan tubuh. Sudah banyak pembuktian ilmiah yang menunjukkan bahwa masyarakat yang tinggal di kota-kota dan terkena polusi udara tingkat tinggi sepanjang hari memiliki risiko terkena penyakit jantung, stroke, kanker, dan bahkan masalah kesehatan.

Selain masalah kesehatan, sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa polusi udara yang kita hirup sehari-hari juga dapat menyebabkan kegemukan. Dilansir dari dailymail, Dr Michael Mosley memperingatkan tentang bahaya tersebut.

Hasil penelitian tersebut telah diuji oleh para peneliti dari Universitas of California yang mengikuti lebih dari 2300 anak-anak usia dini di Amerika. Mereka menemukan fakta bahwa anak usia sepuluh tahun dengan kondisi terpapar polusi lalu lintas terbanyak, rata-rata berat badannya naik 2 lb atau hampir 1 kg daripada anak-anak yang menghirup udara bersih.

Selain itu, anak-anak yang tinggal di daerah yang lebih tercemar, memiliki tanda-tanda kerusakan paru-paru yang secara signifikan lebih banyak.

Lalu, bagaimana polusi bisa membuat Anda lebih gemuk? Para ilmuan percaya bahwa bernafas dengan polusi udara kotor seperti asap kendaraan atau rokok, dapat memicu reaksi inflamasi dalam tubuh.

Polusi mengiritasi kantung udara kecil di paru-paru. Hal itu dapat memicu respons stress yang melibatkan pelepasan hormon. “Ini mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap energi (atau glukosa) dari makanan, meninggalkan tingkat gula darah yang tidak terkontrol,” jelas Dr. Mosley.

Ketika kadar gula darah tidak stabil, fluktuasi penigkatan nafsu makan membuat kita cenderung makan berlebih.

Polusi juga memicu pelepasan molekul yang disebut ‘cytokines’ yang mengirim sistem kekebalan tubuh bekerja dengan cepat sehingga menyebabkan peradangan di otak dan tubuh. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa peradangan otak ini juga dapat menyebabkan makan berlebih.

Truk, bus dan mobil diesel menjadi penyumbang polusi yang sangat merusak karena banyaknya nitrogen oksida yang mereka pancarkan. Nitrogen oksida itu dapat berkembang dan dapat mengiritasi paru-paru dalam jangka panjang.

(bun / wida)

Penulis : Bunga Kusuma Dewi
Editor : Bunga Kusuma Dewi