Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Langsing? Coba Perhatikan Lagi 5 Hal Ini

Rizki Adis Abeba | 25 Februari 2019 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang ingin mendapatkan berat tubuh ideal dengan melakukan berbagai cara. Mulai dari mengurangi porsi makan, menerapkan pola diet tertentu, berolahraga, hingga mencoba mengonsumsi obat dan suplemen yang diyakini akan membantu menurunkan berat badan. Namun terkadang semua usaha itu terasa sia-sia karena jarum timbangan tak kunjung bergeser ke kiri. Jika Anda merasa sudah melakukan berbagai cara diet namun berat badan tak berkurang banyak, mungkin ada yang salah. Coba perhatikan lagi hal-hal berikut ini.

Asupan Protein

Jangan asal mengurangi porsi makan, tapi perhatikan jumlah asupan protein. Protein berfungsi sebagai zat pembangun dan penyusun otot dan sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membuat Anda berenergi. Orang dewasa membutuhkan asupan protein sebanyak 0,75 gram per kilogram berat badan. Makanan yang kaya protein seperti dagin, telur, ikan, dan kacang-kacangan harus masuk dalam menu program diet Anda. Namun harus diingat, sumber protein alami dari makanan akan lebih baik daripada protein dari suplemen.

Kecukupan Air

Mengonsumsi banyak cairan sangat penting jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan. Jika Anda tidak minum cukup air, sistem pencernaan dan metabolisme akan bekerja lebih berat. Karenanya jangan lupa sertakan air putih, air kelapa, atau jus buah segar dalam menu diet untuk membantu menurunkan berat badan.

Olahraga Teratur

Perjuangan Anda dalam menahan nafsu makan tidak akan memberi dampak signifikan pada penurunan berat badan jika tidak diimbangi dengan gerak tubuh yang memadai. Apa pun metode diet yang Anda jalani, berolahraga secara teratur mutlak harus dilakukan untuk membantu proses pembakaran kalori.

Asupan Serat

Coba dilihat kembali, apakah asupan serat Anda sudah cukup? Sebab serat sangat penting dalam memperlancar proses pencernaan dan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan segar akan menahan Anda dari keinginan menyantap makanan dalam waktu singkat. Tanpa serat yang cukup, diet yang Anda jalani malah akan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan.

Tidur yang Cukup

Di luar pola makan dan olahraga yang teratur, kecukupan istirahat yang Anda dapatkan juga mempengaruhi program penurunan berat badan. Kurang tidur tidak hanya membuat Anda sering merasa lapar di malam hari, namun dapat merusak siklus sirkadian dalam tubuh yang erat kaitannya dengan sistem metabolisme. Pastikan Anda tidur selama enam hingga delapan jam sehari untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan menyukseskan program diet Anda.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor : Rizki Adis Abeba