Generasi Z Berisiko Tumbuh Menjadi Generasi yang Rentan Terkena Penyakit Tulang

Rizki Adis Abeba | 26 Maret 2019 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anak-anak zaman now atau yang merupakan kelompok dari generasi Z diprediksi akan berisiko lebih tinggi mengalami masalah tulang dan pinggang ketika memasuki usia senja. Hal ini diungkapkan dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dawn Skelton, profesor kesehatan dan penuaan dari Universitas Glasgow Caledonian, Skotlandia.

Dawn Skelton menengarai kebiasaan anak-anak zaman sekarang yang kerap berlama-lama menghabiskan waktu di depan layar gawai, jarang melakukan kegiatan fisik, dan sering membawa beban yang terlalu berat (di tas sekolah), berpotensi menyebabkan masalah tulang pinggang yang serius ketika seseorang memasuki usia 40 hingga 50-an. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang umum dilakukan anak zaman sekarang, menurut Dawn Skelton menyebabkan tukang mereka lebih lemah dan rentan mengalami keretakan lebih dini daripada biasanya.

“Anak-anak muda harus bergerak dan berlompat agar tulang-tulang mereka tumbuh dengan baik karena masa pertumbuhan tercepat tulang mereka terjadi menjelang mereka mencapai masa pubertas. Setelah usia 15 tahun, pertumbuhannya melambat secara signifikan,” kata Dawn Skelton yang juga menjadi penasihat untuk komunitas Royal Osteoporosis Society.

Ini sebabnya Dawn Skelton mendesak orang tua untuk mengurangi waktu anak menatap layar gawai dan mendorong anak lebih banyak melakukan aktivitas dan olah raga di luar ruangan. “Anak-anak bisa duduk selama berjam-jam untuk bermain gim dan terpaku pada ponsel mereka. Penting untuk mendorong anak agar menjadi seaktif mungkin di masa pertengahan remaja, di mana mereka mengalami masa peletakan tulang-tulang (yang akan menetap) seumur hidup,” jelas Dawn Skelton.

(riz / ray)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor : Rizki Adis Abeba