Sering Diabaikan, Begini Cara Merawat Bra yang Benar

Vallesca Souisa | 1 Juli 2019 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bra memang tidak terlihat dari luar, namun punya peranan penting dalam menopang payudara serta menjaga bentuknya agar terlihat indah ketika kita berbusana. Sayangnya, mentang-mentang dipakai di dalam dan tak terlihat, kita suka mengabaikan perawatannya, dari tahap pencucian hingga penyimpanan. Padahal tanpa perawatan yang tepat, bra akan cepat rusak dan melar. Ketika kita memakai bra yang melar, penampilan pun tak sempurna. Berikut 3 kiat merawat bra yang perlu diperhatikan dan diterapkan.

Pencucian

Cara terbaik mencuci bra, menurut pemilik label pakaian dalam dari AS, Negative Underwear, Marissa Vosper dan Lauren Schwab, adalah dengan tangan dan menggunakan air dingin. “Pakaian dalam, apa pun jenis bahannya, cucilah dengan air dingin, menggunakan detergen lembut,” mereka menyarankan. Air hangat, mesin cuci, detergen biasa bisa membuat bra atau pakaian dalam Anda kehilangan elastisitas dan keindahan bentuknya dalam waktu singkat. Akan lebih baik lagi membaca label instruksi pencucian yang tercantum di bra, sebelum mencucinya.

Layaknya mencuci baju, ketika akan mencuci bra, pisahkan bra berdasarkan warnanya agar tidak luntur. Isi ember dengan air dingin, bubuhkan detergen secukupnya. Jangan terlalu banyak detergen, karena bisa merusak bahan juga. Masukkan bra sesuai kategori warna ke dalam ember dan rendam selama 10 menit. Bila ada noda atau kondisi bra terbilang sangat kotor, rendamlah 30 menit sampai 1 jam. Tidak perlu menyikat bra, merendamnya sudah cukup untuk mengempaskan kotoran dari keringat, sisa bahan kosmetik seperti deodoran atau body spray. Kemudian bilas dengan air bersih setidaknya 2-3 kali, sampai bra benar-benar bersih. Dengan lembut peras atau cukup remas bra untuk menyusutkan air. Jangan sampai memelintirnya, karena dapat menyebabkan peregangan. Apalagi untuk bra yang memakai kawat penyangga, gerakan ini sudah pasti merusak kawat.

Pengeringan

Mengeringkan bra juga memiliki tekniknya tersendiri. Jolie Kerr, pakar kebersihan dan penulis kolom portal berita Jezebel menegaskan, jangan pernah mengeringkan bra dengan mesin pengering, karena sudah pasti merusak elastisitas bra. Tali bisa longgar, dalam jangka waktu tertentu bentuk bra pun tak beraturan. “Letakkan bra di atas sebuah handuk kering dan tutupi dengan handuk lain, lalu tekan perlahan,” bilang Jolie. Setelah itu jemur bra dengan gantungan baju, tapi jangan bertumpu pada talinya. Dalam keadaan basah, bagian cup tentunya lebih berat dan menarik tali bra ke bawah, menyebabkannya melar. Agar tali bra tetap elastis, gantunglah bagian tengah bra—di antara kedua cup—pada tali atau ring jemuran.

Penyimpanan

Setelah bra kering, Anda juga perlu mempertimbangkan cara menyimpan yang baik dan benar. Carolyn Forte, Direktur Laboratorium Kebersihan The Good Housekeeping Institute yang berafiliasi dengan majalah gaya hidup The Good Housekeeping, mengingatkan bahwa melipat atau menumpuk bra dengan serampangan akan membuat bra kehilangan bentuknya.

“Simpan bra di bagian laci lemari Anda, dengan cara merentangkan dan menjajarkannya. Bagian talinya dilipat sedikit, sebagaimana bra ditata di toko-toko pakaian dalam. Penataan seperti ini akan memudahkan Anda saat mau mengambil dan menggunakan bra. Melipat bra dengan cara menumpuk cup bisa merusak busa atau bantalan bra,” terang Carolyn. Atau Anda bisa menggantungnya dengan hanger, dengan cara mengaitkan tali bra pada hanger, lalu gantunglah di dalam lemari.

(val)

Penulis : Vallesca Souisa
Editor : Vallesca Souisa