Konstipasi Ganggu Aktivitas? Atasi dengan 8 Bahan Makanan Alami Ini (bag.1)

Rizki Adis Abeba | 5 Juli 2019 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gaya hidup tidak sehat serta kebiasaan makan yang buruk membuat semakin banyak orang menderita kontipasi atau buang air besar yang tidak teratur. Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami konstipasi, termasuk stres dan masalah pencernaan. Namun kebiasaan makan yang tidak sehat

Konstipasi yang dibiarkan bisa sangat mengaggu aktivitas harian Anda juga bisa berdampak lebih buruk pada kesehatan pencernaan. Kabar baiknya, Anda bisa menghindari atau mengatasi masalah konstipasi dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan alami.

Pastikan Anda segera berkonsultasi dengan dokter jika konstipasi sudah dirasa parah. Jika tidak, delapan bahan makanan alami ini diyakini mampu membantu Anda mengatasi konstipasi dan melancarkan buang air besar. Apa saja?

1. Stroberi

Kaya akan vitamin C, stroberi juga dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Di samping itu, tingginya jumlah serat larut yang ditemukan dalam biji stroberi juga dapat membantu meringankan konstipasi secara alami. Segenggam stroberi sehari cukup untuk membuat Anda buang air besar secara teratur.

2. Yoghurt

Kendati dairy product atau produk-prodyk turunan susu termasuk dalam bahan makanan yang dapat mengganggu pencernaan dan memicu konstipasi, tidak demikian dengan yoghurt. Kandungan bakteri probiotik yang terdapat di dalam yoghurt justru dapat menyehatkan sistem pencernaan Anda. Namun pastikan Anda memilih yoghurt dengan rasa alami tanpa tambahan pemanis buatan untuk mendapatkan manfaat maksimal yoghurt bagi pencernaan.

3. Prem

Prem atau buah plum yang dikeringkan merupakan salah satu sumber makanan yang paling kaya akan kandungan dihydrophenylisatin yang bertindak sebagai pencahar alami yang membantu kontraksi otot-otot pencernaan. Prem juga mengandung sorbitol yang juga berfungsi sebagai pencahar. Namun hindari prem jika Anda peka terhadap semua zat pengganti gula.

(riz/ari)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor : Rizki Adis Abeba