5 Cara Melakukan Medical Check-Up Sendiri

Wida Kriswanti | 3 September 2019 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Medical check-up alias memeriksakan kesehatan tak harus pergi ke dokter atau rumah sakit.

Melakukan lima hal yang diungkap laman Shape berikut, maka tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk berkata tidak sempat memperhatikan kesehatan.

Urine
Perjalanan pagi hari Anda ke toilet bisa mendeteksi lebih banyak daripada sekedar kehamilan atau sakit infeksi saluran kemih. Perhatikan apakah terlihat ada yang tidak normal pada air kencing Anda, entah itu warna, kepekatan, atau aroma yang berbeda. Jika warnanya kuning tua, keruh, atau mengeluarkan aroma yang tidak sama dengan apa yang biasa Anda konsumsi sehari-hari, pemeriksaan medis perlu dilakukan untuk memastikan.

Berat badan
Baik pertambahan atau pengurangan berat badan secara drastis dan dengan penyebab yang tidak jelas, bisa jadi pertanda gangguan kesehatan serius pada tubuh Anda. Penurunan berat badan yang terjadi cepat dan banyak, misalnya, bisa jadi mengindikasikan kanker, hipertiroid, penyakit autoimun, penyakit kronis, atau depresi. Jangan abaikan dan periksakan diri segera ke dokter.

Gigi 
Jangan melihat gangguan kesehatan pada gigi dan gusi semata hanya persoalan mulut. Beberapa tanda yang terlihat bisa menjelaskan, ada penyakit yang lebih serius sedang menyerang tubuh Anda, seperti gangguan hati, paru-paru, saluran pencernaan, atau gangguan lainnya. Jika menemukan sesuatu yang terasa janggal dan tidak nyaman pada area rongga mulut, pemeriksaan medis sangat disarankan.

Kulit
Paparan sinar matahari secara berlebihan bisa berakibat fatal pada kulit. Bintik hitam atau bercak serta warna kulit yang tidak merata, sepintas terkesan sepele. Tapi, ini bisa jadi tanda awal terjadinya kanker kulit atau melanoma. Jangan berinisiatif mengatasinya sendiri dengan bantuan kosmetik. Segera pergi ke ahli dermatologi ketika gangguan mulai muncul.

Rumah
Percuma tubuh sehat jika tinggal di lingkungan yang tidak sehat. Rumah adalah lingkungan paling dekat dengan kita. Jadi jangan lupa untuk selalu memeriksa keadaan sekitar. Jika Anda merasa sering mengalami sakit kepala, hidung, gangguan pernapasan, hingga asma atau alergi, bersihkan rumah, terutama pada tempat-tempat yang banyak ditumbuhi cendawan atau jamur. Beberapa jenis cendawan atau jamur dapat menghasilkan spora, mikotoksin, dan MVOCs (bahan kimia yang diproduksi jamur) yang dapat memberikan berbagai gejala dan menyebabkan Anda merasa tidak enak badan.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor : Wida Kriswanti