Hindari Gangguan Pencernaan dengan Pemilihan Makanan yang Tepat

Ari Kurniawan | 5 November 2019 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sering dianggap remeh, masalah pencernaan bisa sangat mengganggu. Bahkan di level tertentu juga dapat membahayakan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk terus menjaga asupan makan dan pola hidup.

Chef Chitra mengungkapkan pemilihan menu makanan harus disesuaikan dengan waktu. Di pagi hari, misalnya. Chef Chitra menyarankan agar menghindari makanan pedas dan makanan berat.

"Hindari makanan yang terlalu berat supaya glukosa dalam tubuh tidak terlalu banyak, sehingga menyebabkan kantuk. Jadi pilih makanan yang kaya serat dan manisnya alami, yaitu dari buah dan sayur," sebut Chef Chitra.

Makanan yang dengan karbohidrat dan protein, lanjut Chef Chitra, baik untuk dikonsumsi siang hari. Sementara, kacang-kacangan bisa dipilih sebagai camilan saat sore.

"Untuk malam, usahakan jangan makan di atas jam 7 dan hindari makan buah sebelum tidur karena itu akan terjadi pembusukan saat kita tidur. Kalau lapar bisa konsumsi makan seperti salad, sayur-sayuran, dan hindari makan berat."

Chef Chitra sendiri punya pengalaman pribadi tentang gangguan pencernaan. Rasa tidak nyaman di perut kerap dia rasakan setelah meminum kopi dan makan makanan pedas. Untuk mengatasinya, Chef Chitra biasa mengkonsumsi suplemen untuk menjaga tingkat keasaman lambung.

"Pernah punya masalah seperti naiknya gas lambung atau proses tidak nyaman, lalu saya beri suplemen Freegas, yang berguna melapisi atau mengurangi gas lambung sehingga ketika mengkonsumsi kopi atau makanan pedas tersebut menjadi lebih nyaman," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Hanadi Setiarto, General Manager Actavis Indonesia, menyampaikan harapanya agar Freegas bisa membantu masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan pencernaan.

"Kesehatan pencernaan memungkinkan masyarakat untuk menikmati waktu makan tanpa khawatir tentang gangguan pencernaan atau ketidaknyamanan setelah makan" kata dia.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan