Hoax Nata de Coco Mengandung Plastik, Begini Penjelasan Ahli

Romauli Gultom | 18 Desember 2019 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beberapa waktu lalu, viral video hoax yang menyebutkan bahwa jenis makanan nata de coco mengandung plastik. Dalam video tersebut, pembuat video menekan nata de coco hingga semua cairan tersebut keluar dan diklaim mirip plastik karena tipis dan mengkilap.

Untuk itu, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), memberitahukan bahwa isi dari video tersebut adalah tidak benar dan mengandung informasi yang salah. 

"Kami sangat menyayangkan bahwa video ini dibuat maupun diunggah oleh berbagai kalangan masyarakat, baik dari kalangan bawah hingga atas, baik laki-laki maupun perempuan dari berbagai macam latar belakang profesi. Dan juga disebarluaskan oleh berbagai kalangan. Hal ini menunjukkan bahwa masih diperlukannya edukasi yang baik bagi masyarakat," jelas Susana selaku

Ketua Komite Regulasi Teknis Pangan GAPMMI dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (16/12).

Namun, lanjutnya, kami mengapresiasi BPOM RI dan Kemenkominfo RI karena cepat tanggap dalam mengklarifikasi terkait video HOAX kepada masyarakat bahwa informasi yang beredar itu tidak benar. 

BPOM RI sebelumnya telah  melakukan klarifikasi video nata de coco mengandung plastik melalui siaran pers pada tanggal 7 Desember 2019 dan Kementerian Kominfo juga telah menyatakan sebagai disinformasi pada 24 November 2019

Terkait viralnya video HOAX tersebut, tentunya perlu diperkuat edukasi ke masyarakat, dan mengajak masyarakat Indonesia lebih dewasa. Gapmmi menghimbau apabila menerima informasi yang meragukan, agar menghubungi pihak yang berwenang sebelum beropini dan mengunggah ke media sosial.

Nata de Coco Memiliki Banyak Manfaat

Sehubungan dengan hal itu, Ahli Teknologi Pangan dari IPB, Dr. Ing Azis Boing Sitanggang, STP, MSc mengungkapkan bahwa nata de coco merupakan serat selulosa yang diolah dari air kelapa.

Merupakan jenis pangan yang banyak disukai dan sudah cukup lama dikonsumsi masyarakat. Ini salah satu jenis mikroba Acetobacter xylinum yang baik dikonsumsi karena menyehatkan dan kaya serat yang baik untuk dietary fiber.

Ia menjelaskan bentuknya sendiri berupa nano selulosa seperti benang berdiameter sekitar 20 - 100 nanometer. Karena itulah, nata de coco mampu mengikat air. Sementara plastik tidak pernah mampu mengikat air karena plastik termasuk polimer yang terbentuk dari etilen.

Ahli Gizi dr. Dian Permatasari, M. Gizj, SpGK menambahkan, serat selulosa dari nata de coco itu sangat unik. Kemurniannya jauh lebih tinggi sehingga bisa memenuhi serat pangan tidak larut.

Lalu apa saja manfaat Nata de Coco, berikut diantaranya :

1. Serat yang baik untuk tubuh, bisa tahan lama di lambung sehingga membuat rasa lenyang dan cocok untuk diet.

2. Menjaga kestabilan kadar gula darah, cocok untuk mereka yang memiliki diabates.

3. Penghasil bakteri baik

4. Meningkatkan fungsi imun karena menghasilkan laktat

5. Menghambat pertumbuhan sel tumor di saluran cerna.

Penulis : Romauli Gultom
Editor : Romauli Gultom