Ini Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

TEEN.CO.ID | 12 Februari 2020 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di antara kalian pasti ada yang suka memakan telur setengah matang, dan enggak heran sih karena telur setengah matang memang cukup banyak disukai orang. Bukan semata-mata karena teksturnya tapi juga karena manfaatnya bagi tubuh kita.

Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti protein, lemak, riboflavin, kolin, lutein, zeaxanthin, selenium, dan sebagainya. Nah, nutrisi-nutrisi ini membuat telur menjadi salah satu menu sarapan yang sangat direkomendasikan. Tidak hanya itu, kuning telur mengandung banyak komponen bernama lesitin yang efektif menangkal sklerosis karena memiliki sifat meredam kadar kolesterol.

Tidak sampai disitu saja, kuning telur pun memuat asam amino dan deretan asam lemak yang sangat penting untuk perkembangan otak kita. Kuning telur pun mengandung karbohidrat, vitamin, serta mineral. Salah dua vitamin yang ada di dalam kuning telur ada vitamin A dan vitamin B12 yang dimana vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahanakan kesehatan kulit, gigi, dan tulang. Sedangkan vitamin B12 berperan penting untuk metabolism tubuh serta bertugas untuk memastikan agar sistem saraf dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Atas dasar tidak ingin merusak, menghilangkan, ataupun mengurangi kandungan-kandungan penting dalam telur inilah yang menjadikan banyak orang seringkali mengonsumsi telur setengah matang. Tapi selayaknya koin dengan dua mata sisi, ada bahaya yang ditimbulkan dari mengonsumsi telur setengah matang. Apa sih bahaya dari mengonsumsi telur setengah matang?

Nah, seperti yang sudah kita ketahui, telur ayam dan bebek khususnya sangat rentan terjangkit bakteri Salmonella. Bakteri Salmonella ini tidak hanya menjangkit telur-telur yang cangkangnya rusak ataupun retak, tetapi juga telur-telur yang kulitnya terlihat bersih dan mulus lho.

Walaupun efeknya tidak akan langsung terasa, namun saat kalian mengonsumsi telur yang terjangkit bakteri Salmonella saat keadaan kalian kurng fit, maka kalian akan langsung jatuh sakit. Infeksi yang biasa ditimbulkan oleh bakteri Salmonella adalah sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, demam, atau bahkan tifus. Hal inilah yang menjadikan telur setengah matang memiliki resiko yang sangat besar untuk menjadi racun dalam tubuh kalian.

Hmmm, mulai sekarang perhatikan jumlah konsumsi dan kebersihan telur setengah matang kalian ya, karena walaupun bermanfaat, juga ada bahayanya! 

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor : TEEN.CO.ID