Manfaat Jahe dan Meniran untuk Daya Tahan Tubuh

aura.co.id | 2 Maret 2020 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bila daya tahan tubuh menurun, maka penyakit akan mudah menyerang. Meningkatkan daya tahan tubuh ternyata bisa disiasati dengan cara sederhana. Liriklah beberapa tanaman obat berikut ini.

Untuk Anda, dr. Ardian Ganda Sefri Ardiato merekomendasikan dua tanaman obat berikut ini: jahe dan daun meniran.

“Sifat jahe yang hangat, meningkatkan suhu tubuh. Tubuh pun menjadi hangat. Selain itu jahe memiliki antivirus dan antitoksin dengan mengobati batuk serta masuk angin,” ungkap Ganda. 

Batuk dan pilek membuat daya tahan tubuh menurun. Biasanya, batuk dan pilek tak datang sendiri. Keduanya membawa “teman akrab” bernama gangguan pernapasan.

Jahe dipercaya bisa membebaskan Anda dari gangguan pernapasan. “Jahe itu jenis ekspektoran alami. Fungsinya, melegakan sistem pernapasan dengan memecah dan menghilangkan lendir (dahak). Dengan begitu, dahak mudah dikeluarkan dan memulihkan sistem pernapasan Anda,” Ganda membeberkan.

Jahe hanyalah satu dari sekian banyak tanaman obat berkhasiat.

“Rupanya tanaman dari keluarga Zingiberaceae ini bersama kayu manis dan kunyit merupakan rempah unggulan sejak dahulu dipercaya sebagai tiga terbaik (kategori tanaman obat) untuk menjaga kesehatan,” imbuhnya.

Selain jahe, ada daun meniran. Beberapa literatur kesehatan menyebut meniran terbukti secara ilmiah meningkatkan daya tahan tubuh serta gangguan saluran pernapasan.

Daun meniran adalah tanaman immunomodulator. Artinya, tanaman yang bisa meningkatkan sistem imunisasi atau kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan meningkat, tubuh Anda bagaikan mempunyai perisai pelindung yang membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. Di Indonesia, meniran diyakini mampu menjaga tubuh agar tidak mudah drop. Khasian daun meniran tak hanya itu.

Tanaman dengan nama ilmiah Phyllanthus urinaria ini juga diyakini membantu penyembuhan sejumlah penyakit kelas berat misalnya diare, gangguan saluran pernapasan, kencing manis, penyakit kuning, dan hepatitis. Manfaat sebanyak itu bisa diperoleh mengingat daun meniman yang dinaungi ordo Malpighiales ini menyimpan sejumlah senyawa bermanfaat.

Senyawa-senyawa itu di antaranya filantin, hipofilantin, kuersetin, isokuersetin, dan astragalin. Rangkaian senyawa ini mayoritas terkandung di bagian akar serta daun. Fakta lainnya, minyak dalam biji meniran mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan seperti asam risinoleat dan asam linoleat. Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh, ada baiknya Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung khasiat tanaman jahe dan daun meniran.

“Selain itu imbangi aktivitas yang padat dengan mengonsumsi menu makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu, istirahat cukup, dan minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Saat aktivitas sedang menumpuk jangan ragu mengonsumsi suplemen kesehatan agar badan Anda tetap fit. Tidak mudah drop,” Ganda mengakhiri perbincangan. 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id