4 Cara Membuat Payudara Kembali Kencang Setelah Menyusui

aura.co.id | 19 April 2020 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang penting dan sangat berpengaruh pada penampilan. Payudara yang kencang dan indah dapat menambah rasa percaya diri kaum hawa, sebaliknya payudara yang mulai mengendur.

Tak sedikit pula wanita mengeluhkan bentuk payudaranya usai melahirkan dan menyusui. Secara otomatis setelah menyusui, bentuk payudara kita memang tidak seindah semasa gadis. Di satu sisi memberikan asupan ASI yang cukup kepada buah hati merupakan tugas yang mulia. Tapi sebagai wanita tentu kita tetap perlu menjaga penampilan. Adakah cara untuk merawat payudara agar kembali kencang dan indah?

Mungkin bentuk payudara tidak kembali seratus persen seperti sebelum menyusui. Namun setidaknya kekencangan payudara dan kondisi kulitnya terjaga. Memang ada cara instan seperti melakukan bedah kosmetik atau breastlifting. Perawatan dan hasil yang diinginkan lebih cepat tercapai. Masalahnya tidak menutup kemungkinan, bedah kosmetik tercanggih pun dapat meninggalkan risiko tertentu maupun efek samping.

Mengapa tidak menggunakan cara alami? Memang membutuhkan sedikit kesabaran. Ada proses dan waktu, hingga payudara Anda terlihat lebih baik.

Buah pepaya

Buah pepaya mengandung enzim yang mampu meningkatkan pertumbuhan payudara. Selain itu buah ini juga mengandung banyak vitamin A  yang berfungsi mengencangkan payudara dan merangsang hormon produksi wanita. Caranya mudah. Anda bisa membuat jus buah pepaya, kemudian mengonsumsinya setiap hari. Bisa ditambahkan dalam olahan jus, madu, perasan jeruk nipis, dan susu kedelai. Karena kandungan zat fitoestrogen  dalam susu kedelai sangat bermanfaat bagi payudara.

Masker alami

Mengencangkan payudara juga bisa dilakukan menggunakan masker. Salah satunya menggunakan masker yang terbuat dari bahan tepung beras. Tepung beras berkhasiat menghaluskan kulit, mengencangkan payudara, dan memperlambat penuaan dini. Bersihkan payudara terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian oleskan minyak zaitun dan aplikasikan masker tepung beras. Biarkan selama 10-15 menit atau sampai mengering. Lakukan minimal seminggu sekali berturut-turut selama 10 minggu.

Olahraga push-up atau berenang

Lakukan olahraga yang melatih otot bagian dada dan perut. Ketika otot dada dan perut dilatih, otomatis otot yang menyangga bentuk payudara akan ikut terangkat ke atas. Saat perut mengecil, bentuk payudara pun akan tampak lebih besar dan kencang.

Pelembap dan firming cream

Perubahan berat badan terutama usai melahirkan membuat kulit payudara lebih sensitif dan kering. Terdapat guratan-guratan halus seperti selulit di bagian samping payudara. Untuk itu usapkan pelembap khusus payudara ke seluruh permukaan payudara sambil memijat lembut dua hari sekali pada pagi dan malam hari. Untuk membantu mengencangkan kembali dan menjaga elastisitas payudara gunakan juga firming cream pada permukaan kulit payudara.

 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id