Menilik Manfaat Kurma, Jintan Hitam, dan Madu Untuk Daya Tahan Tubuh

Adi Adrian | 9 Juni 2020 | 01:22 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tembus 30 ribu kasus pada pekan pertama Juni 2020, infeksi Covid-19 di Tanah Air makin menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Sejumlah pihak mengingatkan penting social dan physical distancing, cukup durasi tidur, hingga pola makan sehat untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Sport Nutritionist and Disease Prevention, Emilia Achmadi, MS., RDN., menyebut, stamina prima membentuk perlindungan tubuh dari serangan infeksi. Makin baik daya tahan, makin kuat tubuh dalam melawan aneka infeksi. Mengasup kurma, jintan hitam, dan madu amat dianjurkan karena terbukti menopang sistem imun tubuh.

“Kurma atau korma mengandung vitamin C, B1, B2, A, niasin, kalsium, magnesium, dan seng. Menurut National Institute of Healthy, korma tinggi antioksidan. Jintan hitam dijuluki penyembuh segala penyakit. Ia membentuk sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh, berfungsi sebagai antibakteri, antiinfeksi, dan antioksidan,” Emilia menjelaskan. Sementara madu berkualitas meningkatkan imunitas dan mempercepat proses pemulihan. Kombinasi ketiganya bekerja alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menambah nutrisi.

Tak heran jika banyak pihak menyorot khasiat ketiganya. PT. Deltomed Laboratories, salah satu produsen obat herbal yang mengawal kesehatan masyarakat selama lebih dari 40 tahun, meluncurkan Kojima, sirop yang 100 persen herbal dan halal. Ia diformulasikan dari kurma, jintan hitam, madu, plus asam jawa yang menyegarkan. Chief Executive Officer Deltomed Laboratories, Mulyo Rahardjo, menerangkan, bahwa konsumsi herbal secara rutin dapat meningkatkan imunitas selama wabah Corona Covid-19.

Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

“Penelitian itu menjelaskan, kandungan kurma, jintan hitam, dan madu terbukti sebagai penambah nutrisi alami. Bahan-bahan ini meningkatkan daya tahan tubuh dan berguna dalam keadaan khusus seperti puasa, ibadah haji, umrah, dan masa pemulihan dari sakit,” urainya dalam keterangan pers yang kami terima pekan ini. Kojima hadir dalam 2 varian, yaitu botol 280 mililiter dan kemasan 15 mililiter.

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian