Hati-hati, Keputihan Berkepanjangan Bisa jadi Pertanda Diabetes!

aura.co.id | 17 Juni 2020 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sering mengalami keputihan yang berkepanjangan? Jika demikian, sebaiknya ladies mulai waspada, karena bisa jadi itu gejala diabetes.

Masalah keputihan memang seringkali dialami perempuan, penyebabnya bisa karena kurang menjaga kebersihan organ intim hingga terjadi infeksi.

Namun, saat keputihan berkepanjangan dan tidak sembuh-sembuh, itu menjadi salah satu gejala diabetes.

Ahli penyakit dalam dan konsultan endokrin  dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD-KEMD, FINASIM mengatakan bahwa ciri diabetes pada perempuan bisa ditandai dengan keputihan yang berkepanjangan, cirinya kental, berbau, menimbulkan gatal dan sulit disembuhkan.

“Kadar gula darah yang tinggi dan berkepanjangan dapat mengganggu sistem imunitas. Sehingga orang dengan diabetes tidak terkontrol memiliki daya tahan tubuh yang buruk sehingga mudah keputihan,” kata dr. Tri Julian.

Lebih lanjut dr. Tri menambahkan bahwa kasus tersebut seringkali terjadi pada perempuan yang terdiagnosa diabetes. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya perempuan yang mengalami keputihan berat dan memiliki faktor risiko diabetes untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

“Keputihan yang berat dan berkepanjangan umumnya terjadi pada orang dengan diabetes yang cukup parah. Karena itu, sebaiknya langsung diatasi ke dokter sehingga dapat dikontrol,” jelasnya.

 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id