7 Tips Merawat Bibir Agar Tetap Indah dan Merah Merona

aura.co.id | 12 Juli 2020 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - MUSIM kemarau yang panjang tahun ini mungkin bisa kejam untuk bibir Anda. Cuaca panas dan kering mengurangi kelembapan bibir sehingga bibir kering dan mudah pecah-pecah.

Jangan khawatir, dengan perawatan yang tepat dan intensif, bibir bisa tetap indah dan merah merona sepanjang tahun. Berikut 7 kiatnya. 

1.    Tetaplah terhidrasi
Salah satu kunci penting membuat bibir lembap dan tak terlihat kering, menjaga asupan cairan di dalam tubuh Anda. Setiap bagian tubuh membutuhkan cairan, termasuk bibir. Saat bibir kering, ia akan terlihat lebih kecil, mudah retak, bahkan sampai berdarah. Minumlah banyak air putih sepanjang hari untuk menjaga bibir tetap lembap dan sehat di tengah cuaca terik. 

2.    Lakukan pengelupasan
Agar bibir senantiasa lembut dan berwarna merah muda, Anda perlu membuang sel-sel kulit bibir yang mulai kering dan mati dengan mengelupasnya. Tentu Anda tak boleh sembarangan mengelupas kulit bibir karena akan mengakibatkan luka, membuat bibir berdarah dan bengkak. Cara termudah pengelupasan secara halus, dengan menggunakan lip scrub. Atau bisa juga dengan menggosok bibir menggunakan sikat gigi secara perlahan. Perlu diingat, pengelupasan tak perlu dilakukan setiap hari, cukup dua minggu sekali.

3.    Gunakan pelembap bibir
Selain menjaga hidrasi tubuh, bibir perlu dilembapkan dengan lip balm. Gunakan lip balm sebelum mengoles lipstik atau Anda bisa hanya menggunakan lip balm sebagai perawatan dasar untuk bibir Anda. Pilihlah jenis lip balm yang sesuai dengan bibir Anda, karena lip balm yang tak tepat justru membuat bibir kering.

4.    Gunakan krim antipenuaan di sekitar bibir
Cara ini disarankan bagi wanita yang mulai mengalami keriput. Selain area kulit di dahi dan sekitar mata, kulit di sekitar bibir juga area yang lebih cepat keriput. Krim antipenuaan akan memperlambat munculnya keriput di sekitar bibir, otomatis membantu bibir Anda agar senantiasa tampak muda. 

5.    Berhentilah merokok
Merokok akan membuat bibir kering, hitam, dan berbau tak sedap yang tentunya sangat merusak keindahan bibir Anda. Jika Anda tak ingin semua itu terjadi pada bibir Anda, hindarilah rokok. 

6.    Pilih warna lipstik yang sesuai
Pemilihan warna lipstik yang tepat dan sesuai karakter memberi pengaruh besar pada keindahan bibir Anda. Jika belum tahu pasti warna lipstik yang menonjolkan keindahan bibir Anda, mintalah saran ahli kecantikan atau orang tepercaya Anda.

7.    Berhentilah mengigit dan menjilati bibir
Kedua kebiasaan buruk ini sangat merusak keindahan bibir. Kebiasaan menggigiti bibir akan mengubah bentuk alami bibir Anda, sementara menjilatinya membuat bibir lebih cepat kering, pecah-pecah, dan berdarah. Berhentilah menggigiti dan menjilati bibir, gantilah dengan mengolesi lip balm setiap kali Anda ingin melakukannya.

 

 

 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id