Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Teh Campur Susu, Ini 4 Efek Negatifnya

aura.co.id | 27 Oktober 2020 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Siapa di antara kalian yang suka dengan teh susu? Yup, minuman satu ini memang sangat mudah ditemui di mana pun, dengan harga yang berbeda-beda pula dari satu tempat ke tempat lainnya. Tapi tahukah Anda kalau campuran teh dan susu ternyata berbahaya untuk tubuh?

Kandungan senyawa yang ada pada teh sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sayangnya, jika senyawa tersebut bertemu dengan zat protein dan kalsium tinggi pada susu, maka kualitas manfaat pada senyawa teh akan berkurang atau bahkan menghilang. Hal ini karena pada dasarnya senyawa pada teh dan nutrisi pada susu tidak pernah bisa bersatu.

Bahaya dari meminum campuran teh dengan susu tidak akan terasa secara langsung jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti misalnya 3 gelas perhari dan dikonsumsi setiap hari, maka akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti:

1. Pembentukan batu ginjal 

Pembentukan batu ginjal dapat terjadi karena kandungan kalsium dan protein pada susu dapat berubah menjadi racun dan memicu pembentuk batu ginjal dalam urin, yang dapat membuat kamu kesulitan buang air kecil. 

2. Merusak daya tahan tubuh

Protein yang tinggi pada susu dapat mencemari teh yang mengandung kafein, sehingga dapat merusak fungsi imunitas/daya tahan tubuh. Hal ini membuat kamu mudah merasa lelah dan mudah terserang flu atau masuk angin.

3. Sulit menurunkan berat badan

Satu hal yang harus diingat, jangan pernah mencampur teh hijau dengan susu. Hal ini karena zat catechin pada teh hijau sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun saat zat tersebut bertemu dengan susu, maka zat catechin  akan sepenuhnya kehilangan kemampuannya untuk memecah lemak dalam tubuh.

Jadi, bagi kalian yang sedang diet dengan teh hijau jangan sampai mencampur teh hijau dengan susu ya. 

4. Serangan jantung mendadak

Campuran teh dan susu yang dikonsumsi selama bertahun-tahun setiap harinya dapat menghilangkan senyawa catechin  yang ada pada teh. Padahal zat catechin ini mampu melindungi jantung kamu dari berbagai masalah jantung.

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id