Menua dengan Sehat Bukan Hal Mustahil, Ini Caranya

Adi Adrian | 26 November 2020 | 08:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Masa tua identik dengan tubuh renta dan sakit-sakitan. Padahal, menua dengan sehat bukan hal mustahil.

Melansir dari survei Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging 2020, 63 persen responden menyebut menua dengan sehat sebagai tidak menderita penyakit tertentu di masa tua. Sementara 58 persen responden mengartikan menua dengan sehat yakni tidak jadi beban bagi keluarga. Yang menarik, 49 persen responden menggambarkan menua secara sehat dengan tetap aktif dan tajam secara mental. Lalu bagaimana cara menua dengan sehat?

Mayoritas responden di Indonesia rupanya paham pentingnya menua dengan sehat. Sekitar 82 persen telah mengambil langkah untuk menua dengan sehat yakni, memperbaiki asupan nutrisi, lebih rajin berolahraga, melakukan beragam aktivitas untuk merangsang kesehatan mental, mengonsumsi suplemen, dan melakukan cek kesehatan secara berkala. Senior Director and General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, menyebut penerapan gaya hidup sehat secara konsisten mutlak dibutuhkan.

“Sebagian besar konsumen maupun responden Indonesia mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat agar menua dengan sehat. Di sisi lain, mereka ingin percaya diri meski usia tak lagi muda. Dengan berbagi edukasi dan informasi tentang penerapan gaya hidup sehat dan aktivitas fisik yang sesuai, kami dapat membantu orang menemukan jalan menuju penuaan secara sehat,” terang Andam Dewi dalam Media Briefing e-Wellness Tour 2020 tentang Healthy Aging Survey 2020, baru baru ini.

Dalam survei juga terungkap bahwa 39 persen responden khawatir lebih sering sakit seiring turunnya imunitas tubuh. Plus 19 persen responden khawatir penampilan mereka berubah kala menua. “Karenanya, gelar wicara ini memberi informasi yang benar dan berguna kepada masyarakat yang dihantui kekhawatiran terkait penuaan. Perlu diinformasikan pula, semua orang memiliki peluang yang sama untuk menua dengan sehat,” tambah Andam Dewi.  

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian