4 Kebiasaan yag Seharusnya Tak Dilakukan di Pagi Hari

aura.co.id | 1 Januari 2021 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah kebiasaan tanpa sadar kita lakukan di pagi hari. Mungkin karena buru-buru, ingin serba cepat, sehingga Anda lupa bahwa mengabaikannya justru berdampak bagi kesehatan. Nah, berikut kebiasaan yang salah umumnya dilakukan di pagi hari:

 

Mendadak bangun tidur dan langsung berjalan
Untuk ibu muda, rutinitas membangunkan anak dan menyiapkan bekal ke sekolah memang jadi kegiatan harian yang tidak bisa terlupakan. Bangun tidur, langsung buru-buru lari dari tempat tidur. Ini tidak disarankan, lo.

 

Para ahli menyarankan bahwa ketika kenaikan di pagi hari, tubuh Anda telah beristirahat cukup lama dalam tidur. Namun, saat Anda bangun dan langsung berdiri seketika, hal itu bisa berisiko menciderai otot punggung. Bahkan saat berdiri segera setelah bangun tidur, darah bergegas ke kaki dan dapat membuat Anda tersandung. Tidak perlu bergegas dengan cara yang salah.

 

Yang perlu dilakukan sesaat setelah bangun adalah meregangkan tubuh ke segala arah hingga Anda dapat merasakan otot-otot menjadi rileks. "Ini membantu aliran darah ke seluruh tubuh dan membantu menghangatkan otot-otot," kata Abhishek Sharma, ahli selebriti yoga, seperti dilansir Timesofindia.


Mengabaikan sarapan pagi

Berapa lama, sih, Anda makan untuk sarapan pagi? Hmm, banyak orang mengaku tidak sempat atau tidak merasa lapar sehingga melewatkan makan yang paling penting di pagi hari yaitu sarapan.

 

Tahukah Anda bahwa metabolisme tubuh melambat saat Anda tidur dan membutuhkan bahan bakar untuk me-restart. Nah saat Anda bangun, kadar glukosa darah rendah dan tubuh membutuhkan makanan.
 

Sebaiknya kata ahli gizi Mansi Chatrath, dalam waktu 45 menit sampai satu jam setelah bangun makanlah sesuatu Baik itu telur, semangkuk buah, susu dan sereal atau bahkan segenggam kacang. Jangan lupa, minum 2-3 gelas air.

Duh, bangun tidur langsung super aktif?
Aktif melakukan sesuatu di pagi hari memang baik, namun ketika Anda bangun tidur dan langsung terburu-buru melakukan semua pekerjaan, hmm, itu bakal merugikan tubuh Anda lho.

 

Bayangkan saat bangun tidur langsung memeriksa email kantor Anda di telepon, lalu membalasnya beberapa mengirim anak-anak ke sekolah, bersiap-siap dan bergegas untuk bekerja sambil mengabaikan waktu untuk sarapan.

 

Lanjut ketika Anda sampai di kantor, tubuh pun mulai menyerah di sore hari. Mengapa demikian? Semua ini terjadi karena Anda tidak mengambil waktu untuk diri sendiri di pagi hari.
 

Jangan lupa, pagi hari adalah waktu ketika Anda harus mempersiapkan stamina untuk diri sendiri. Baik itu untuk berjalan-jalan, yoga atau menikmati pagi dengan melatih pernapasan atau sekedar membaca.

Lupa Olahraga
Pagi adalah waktu terbaik untuk olahraga. Namun sebagian besar dari kita secara mental lebih suka menghabiskan waktu untuk tidur. Padahal, untuk mengimbangi tak ada salahnya sedikit melakukan latihan di pagi hari.

 

Siapkan diri untuk memulai latihan atau jogging di pagi hari. Atau bila benar-benar tidak sempat, latihan di gym sepulang kerja bisa menjadi pilihan. Daripada sama sekali tidak olahraga.

 

 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id