Mencapai Bentuk Tubuh Ideal dengan Gaya Hidup Sehat di 2021

Nisa | 4 Januari 2021 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi virus Corona yang merebak pada 2020 lalu telah banyak mengubah gaya hidup kita. Salah satu hikmah yang bisa diambil dalam masa berat ini adalah betapa pentingnya menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan. Kini tahun berganti, kita berada di 2021. Meski pandemi belum berlalu, semangat di tahun yang baru tetap harus menyala. Setiap orang kembali membuat resolusinya. Salah satunya, bagaimana membentuk tubuh kita agar lebih fit dan proporsional melalui pola hidup yang sehat. Berikut 5 tip diet untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

1. Membiasakan Diri Makan Tepat Waktu

Biasakan diri untuk makan pada waktu yang sama setiap hari dan pastikan Anda selalu makan tepat waktu. Misalnya tetapkan makan pagi setiap pukul 07.00, makan siang pukul 12.00, dan makan malam pukul 18.00. Lakukan secara teratur dan konsisten. Hal ini berdampak besar pada kesehatan dan memengaruhi siklus diet. Selebihnya, pola ini membantu mengontrol sistem tubuh. Kapan waktu lapar, kapan ketika tubuh merasa kenyang. Sehingga Anda tidak makan berlebihan.

2. Memilih Makanan yang Anda Konsumsi dengan Benar

Makanan yang baik dan sehat adalah segala sesuatu yang segar, bukan makanan beku atau fast food. Selain itu juga memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh. Sebagian besar informasi di media sosial didorong oleh gaya hidup yang praktis. Tetapi kenyataannya, kebiasaan makan, dan metode memasak paling sehat untuk orang yang ingin melaksanakan program diet adalah pintar memilih makanan dan minuman. Lalu mengolahnya dengan tepat. Sehingga tubuh bisa menyerap makanan tadi dengan optimal. Prioritaskan sayur-sayuran, ikan, makanan yang tinggi protein. Tinggalkan gorengan, ganti dengan rebusan atau kukusan.

3. Tinggalkan Timbangan

Berat badan berlebih bisa menjadi faktor risiko pemicu penyakit. Jadi, betul bahwa kita harus mengontrol berat badan dengan menjalani diet yang sehat. Jadikanlah ini kesadaran. Biasanya untuk menurunkan bobot tubuh, orang kerap melihat timbangan berulang kali. Ternyata hal ini sebuah kesalahan besar. Sebaiknya konsisten dan fokus dengan berbagai aktivitas diet. Bolak-balik melihat timbangan, tidak mengubah bentuk tubuh dalam sekejap. Bobot akan turun jika Anda fokus melakukan diet serta aktivitas yang mendukungnya. Jika harus, cukup timbang badan Anda setiap 15 hari sekali.

4. Menerapkan Pola Pikir yang Sehat

Bagian penting dari kesehatan ialah memiliki pikiran yang sehat. Ini berpengaruh besar terhadap keberhasilan menjalankan program diet. Selain pikiran yang sehat, diperlukan juga hati yang tenang. Pastikan tidur selama 6-8 jam setiap hari, ini hal mendasar untuk kesehatan tubuh. Tubuh butuh beristirahat, demikian dengan pikiran kita. Waktu sendiri atau sering disebut “me time” akan membantu menyegarkan otak. Sehingga di hari berikutnya Anda siap menghadapi tantangan baru dengan fit.

5. Rutin Melaksanakan Olahraga kecil

Tidak perlu pergi ke gym untuk menjalankan hidup yang sehat. Cukup melakukan olahraga kecil dalam waktu minimal setengah jam, aktif secara fisik sepanjang hari sudah cukup. NEAT (atau Non-Exercise Activity Thermogenesis) memainkan peran besar dalam pembakaran kalori total. Setiap kali naik tangga, berjalan-jalan setelah 30 menit dapat membantu meningkatkan keberhasilan program diet dengan praktis karena masih dalam lingkup di tempat tinggal kita sendiri.

Bila rutin melaksanakan olahraga kecil ini, akan membawa dampak besar dalam kesehatan Anda. Untuk meraih sebuah tujuan kesehatan itu penting. Tetapi yang lebih penting lagi adalah perjalanan dalam meraih perubahan hidup yang sehat itu. Perubahan menjadi hal yang paling sulit dilakukan, tetapi jika yakin dan konsisten akan menghantar kita pada kesuksesan. Mulailah dengan langkah termudah dengan perlahan tetapi pasti.

(nisa/val)

Penulis : Nisa
Editor : Nisa