Konsumsi Vitamin B6 pada Trimester Pertama Berbahaya untuk Ibu Hamil, Benarkah?

aura.co.id | 4 Januari 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada trimester pertama, ibu hamil kerap merasakan mual lalu muntah. Jika mual muntah itu terjadi sangat sering dan berlangsung lama, maka ibu hamil disebut mengalami hiperenemis. Biasanya, dokter merekomendasikan sejumlah obat termasuk vitamin B6. Masalahnya, ibu hamil sering pikir-pikir untuk mengonsumsi vitamin. Mereka khawatir konsumsi vitamin berdampak buruk terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS menerangkan, "Kadang ibu berpikir, kalau minum obat bayinya terpapar zat kimia. Begini, dokter memberikan vitamin pencegah muntah seperti B6 tentu sudah meneliti dan memikirkan manfaatnya untuk pasien." Dengan kata lain, konsumsi vitamin B6 pada trimester pertama berbahaya bagi ibu hamil adalah mitos.

"Vitamin B6 terbukti tidak mengganggu janin. Vitamin B6 dimakan berapa banyak pun tidak membahayakan perkembangan si kecil dalam kandungan," paparnya. Boyke menambahkan, salah kaprah lain yang beredar di kalangan kaum hawa yakni risiko muntah darah membesar pada kehamilan kedua dan seterusnya.

Boyke menjelaskan, muntah darah atau tidak sangat bergantung kondisi fisik ibu hamil, janin, dan dukungan pasangan. Karenanya, ia meminta ibu hamil mengelola stres. Kalau bisa, menghindari stres. "Ciptakan perasaan bahagia. Stres yang terbawa hingga ke persalinan membuat ibu senewen hingga tidak mau memegang bayi sendiri. Bisa jadi, ia marah-marah tanpa sebab. Itu yang disebut baby blues syndrome," pungkasnya.

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id