Selama Pandemi Covid-19, Yuk Tingkatkan Kualitas Tidur Agar Imunitas Menguat

Adi Adrian | 18 Maret 2021 | 00:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setahun sudah pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Vaksin telah didistribusikan ke berbagai provinsi sementara mutasi virus Corona baru bermunculan. Kewaspadaan dengan menjaga imunitas tubuh diharapkan tidak mengendur. Mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, tidur cukup, dan protokol kesehatan mutlak diterapkan. Di sisi lain, sejumlah perusahaan kesehatan berlomba memproduksi suplemen berbasis bahan herbal untuk mengawal kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satunya, PT Deltomed Laboratories.

PT Deltomed Laboratories meluncurkan Antangin Good Night, yakni tablet herbal dengan kandungan Passion Flower dan ekstrak akar Valerian yang diolah secara modern. Fungsinya, membantu memperbaiki kualitas tidur yang dilengkapi jahe untuk meredakan masuk angin. Produk ini diluncurkan secara virtual sekaligus memperingati Hari Tidur Sedunia pada 19 Maret 2021 yang mengusung tema “Tidur Teratur, Masa Depan Sehat.” Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si, menyampaikan ulasan terkait manfaat bahan herbal.

“Herbal Passion Flower dan akar Valerian dikenal efektif memperbaiki kualitas tidur. Passion Flower meningkatkan kadar asam gamma-amonibutyric di otak yang berfungsi menurunkan over-aktivitas sehingga pikiran menjadi lebih relaks dan kualitas tidur membaik,” kata Inggrid. Akar Valerian mengandung asam valerenat, asam isovalerat, dan antioksidan yang membantu menenangkan pikiran sekaligus membuat tidur lebih nyenyak.

Praktisi Kesehatan Tidur, dr. Andreas Prasadja, RPSGT, mengingatkan kualitas tidur yang baik menopang kesehatan tubuh dan produktivitas sehari-hari. Ada tiga ciri tidur berkualitas. Pertama, durasi cukup 7 sampai 9 jam. Kedua, tidur tidak terhenti hingga bangun esok hari. Terakhir, tingkat kenyenyakan.

“Banyak orang dewasa di masa pandemi sulit tidur karena stres, kesibukan yang tinggi, serta pola hidup tidak sehat. Penelitian menyebut salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan penyintas Covid-19 adalah gangguan tidur,” ulasnya.

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian