Saat Hamil Tiba-Tiba Kadar Gula Tinggi. Ada Apa?

Wayan Diananto | 8 Mei 2017 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anda bukan penderita diabetes. Namun saat hamil, dokter mendeteksi kadar gula dalam darah Anda melonjak drastis. Apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh Anda? Lalu, bagaimana dengan kondisi kesehatan si kecil dalam kandungan? 

Fenomena ini disebut Gestasional Diabetes atau diabetes kehamilan. Yakni, kondisi wanita hamil yang memiliki tingkat glukosa darah lebih tinggi dari normal yang terdiagnosa saat pertama kali berbadan dua.

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Jakarta, Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM&H, Sp.PD-KEMD, FINASIM, FACE mengatakan, “Pasien diabetes dalam kondisi hamil jangan sampai kadar gula darahnya tidak terkendali. Itu kuncinya. Nanti begitu si bayi lahir, kadar gula akan kembali normal. Bayinya lahir tidak selalu dengan diabetes mengingat masih ada faktor lain yang mempengaruhi misalnya, dari genetika ayahnya.”

Hal tersebut terungkap dalam Program edukasi “Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes” bersama Nutrifood, Kementerian Kesehatan RI, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan di Jakarta Pusat, pekan lalu. 

Jika Anda terdiagnosa mengalami Gestasional Diabetes, jangan langsung patah semangat. Belum tentu bayi yang Anda lahirkan nantinya berkuran terlalu besar atau mengalami kecatatan.  Meski demikian, ada hal yang harus perhatikan selama menjalani kehamilan bersama diabetes. 

“Semua pasien diabetes yang hamil harus dijaga ketat. Kalau kadar gula darahnya tidak terkendali, dikhawatirkan terjadi kecacatan. Kalau bisa kadar gula darahnya di bawah 100 yakni 60 atau 45 malah. Kalau tidak dijagai kadar gulanya, dikhawatirkan bayi lahir besar lalu ibu harus menjalani operasi,” Mardi mengingatkan. 

(wyn/ari)

Penulis : Wayan Diananto
Editor : Wayan Diananto