Ketahui Treatment Botox yang Aman dan Manfaatnya untuk Koreksi Wajah

Romauli | 25 Mei 2021 | 11:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat ini, tak sedikit orang yang beralih ke suntik botox untuk memperbaiki kontur wajah atau penampilannya, termasuk menghaluskan keriput agar wajah tampak lebih kencang dan awet muda.

Menurut dr. Paulus dari Dermalounge Clinic, botox merupakan perawatan yang ampuh untuk menghilangkan kerutan, membentuk contour muka lebih tirus, menjadikan kulit lebih kencang dan bercahaya. Hasilnya akan terlihat dan menjadikan pasien terlihat beberapa tahun lebih muda.

"Biasanya otot yang dikehendaki untuk dilemahkan, adalah otot dahi, rahang, dan sekeliling mata. Seiring bertambahnya usia, daerah tersebut paling sering menjadi keriput atau berkerut," jelas dr. Paulus.

Tak hanya itu, lanjutnya, kerutan juga terjadi erat kaitannya dengan bertambahnya usia seseorang, dan karena adanya gravitasi. Untuk menghindari terjadinya kontraksi-kontraksi otot-otot yang mengakibatkan terjadinya kerut, dibutuhkan yang namanya terapi botox.

Paulus menuturkan, fungsi botox adalah untuk melemahkan otot di daerah yang dikehendaki, misalnya pada rahang, botox disuntikkan supaya rahang terlihat tidak terlalu menonjol. 

Botox bukanlah terapi yang permanen, berumur antara 6 bulan sampai 1 tahun, sampai otot tersebut akan kembali lagi ke bentuk semula, jelasnya. Setelah lewat 6 bulan atau satu tahun, maka biasanya diperlukan evaluasi dan koreksi atau re-touch bagi pasien tersebut.

"Hal yang mempengaruhi otot kembali ke bentuk semula itu, antara lain adalah aktivitas otot, usia seseorang, serta kebiasaan lainnya, misal seseorang yang sangat ekspresif rautnya," ujarnya.

Tindakan botox  dilakukan dengan cara disuntikkan di bagian tubuh yang ingin dikoreksi, dengan jumlah tertentu sesuai kebutuhan. 

Botox tidak hanya diperlukan untuk koreksi bentuk wajah, tetapi ada fungsi lain yang dapat diatasi dengan terapi botox, misalnya untuk mengatasi keringat berlebih misalnya pada kulit kepala, bagian ketiak dan lipatan paha, keringat berlebih pada telapak kaki sehingga mencegah tumbuhnya jamur, juga dapat mengatasi terjadinya migrain, serta nyeri pada tumit karena menggunakan sepatu hak tinggi.

Meski begitu, lanjutnya, perlu waspada sebelum melakukannya, karena tindakan botox harus dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman dan ahli dalam mengerjakan botox.

Penulis : Romauli
Editor : Romauli