Cuma Perasaan, atau Ibu Mertua Betulan Toksik Ya? Begini Cara Memastikannya

Wida Kriswanti | 28 Mei 2021 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak menantu perempuan menjalani hubungan yang tidak harmonis dengan ibu mertuanya. Tidak ada hari tanpa menaruh curiga. Tidak ada hari tanpa rasa cemburu dan sakit hati. Pokoknya negatif terus segala sesuatu yang berhubungan dengan ibu mertua.

Namun, sebelum meyakini ibu mertua adalah sumber masalah dalam rumah tangga Anda, ada baiknya memastikan lebih dulu kebenarannya. Karena jangan-jangan, kita sendiri yang menantu toksik?

Seperti dilansir dari Pure Wow, berikut ini tanda-tanda ibu mertua toksik yang sebenar-benarnya. Kalau apa yang Anda alami berbeda, cepat-cepat instrospeksi diri dan berusaha memperbaiki hubungan dengan mertua menjadi pilihan yang baik.

1. Dia mengabaikan batasan yang Anda tetapkan

Misalnya, Anda meminta ibu mertua untuk tidak sembarangan mengunggah foto anak-anak di medsos. Jika dia melanggarnya bahkan melakukannya tanpa izin Anda dulu, maka dia termasuk ibu mertua toksik.

2. Dia suka memberi saran tanpa diminta

Misalnya, "Dani suka kalau celananya dilipat seperti ini, lo." Saran yang tidak terlalu penting, tapi dilakukan karena ingin menunjukkan bahwa dia juga memiliki keintiman dengan putranya. Sesuatu yang jelas mudah memancing reaksi jengah sekaligus cemburu menantu perempuan.

3. Dia suka datang tanpa mengabari dulu

Walau itu orang tua suami, mereka tetap harus memberi kabar saat mau bertandang. Kemunculan yang tiba-tiba akan membuat menantu kewalahan karena tidak sempat bersiap-siap. Salah sedikit, maka akan menjadi cela. Dampak terburuknya, menantu jadi merasa takut dan tegang menjalani hari-hari, karena selalu ada kemungkinan ibu mertua datang tiba-tiba di waktu yang tak tepat.

4. Dia suka memberi hadiah yang tidak sepatutnya kepada putranya

Saat suami berulang tahun, ibu mertua membelikan celana dalam atau hadiah yang sangat-sangat mahal. Adakah maksud lain kecuali ingin bersaing dan menang dari menantunya?

5. Dia memberi Anda hadiah, tapi sifatnya mengekang

Misalnya, ibu mertua memberi Anda pakaian yang sesuai selera pribadinya, lalu meminta Anda mengenakannya di kesempatan yang akan datang. Jelas ini sebuah hadiah yang hanya memberi beban.

6. Dia selalu menganggap dirinya benar dalam segala hal, tanpa terkecuali

Kapanpun Anda berbeda pendapat dengannya, pendapatnya akan selalu menjadi hasil akhir atau keputusan yang diambil.

7. Dia menganggap menantunya tak ada, tak berarti

Sikap mengabaikan lebih melukai ketimbang pertengkaran. Ketika menantu tidak dianggap keberadaannya, tidak dimintai pendapatnya, tidak dimintai izinnya, tidak didengarkan suaranya, maka ibu mertua yang seperti ini benar-benar racun dalam kehidupan Anda.

8. Dia sulit disenangkan

Menantu selalu salah dan dia tidak bisa merasa bahagia dengan apapun yang dilakukan menantunya. Mengomentari masakan yang dibuat khusus oleh menantunya, mengomentari hadiah pilihan menantunya, dan lain-lain.

9. Dia bertingkah laku beda saat Anda bersama putranya dan saat Anda sendirian

Ini adalah perilaku manipulatif yang menakutkan dan bisa membuat menantu manapun tidak tahan. Di hadapan putranya, dia begitu baik. Namun saat dia hanya berhadapan dengan Anda, mulutnya begitu pahit.

10. Dia menggosipkan Anda di depan keluarga besarnya dan teman-temannya

Ah, apalagi yang lebih buruk dan menyakitkan dari ini? Terutama karena yang dibicarakan adalah kekurangan-kekurangan menantunya.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor : Wida Kriswanti