Menilik Manfaat Habatusauda dan Madu untuk Percepat Pemulihan Pasien Covid-19

Yoga Prakoso | 27 Agustus 2021 | 16:42 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi Covid-19 belum berakhir. Masyarakat Indonesia diminta menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, ikut vaksinasi, dan menjaga daya tahan tubuh. Omong-omong soal imunitas, Tim Edukasi Media Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, dr. Afifah K. Vardhani, M.Si., menyebut beberapa herbal seperti habatusauda punya potensi terapeutik terhadap infeksi virus dan dapat dipertimbangkan sebagai terapi tambahan untuk pasien Covid-19. Ia mengandung senyawa aktif thymoquinone.

“Fungsinya sebagai antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antimikroba, dan imunomodulator. Berdasarkan studi in-vitro di Mesir, thymoquinone menunjukkan aktivitas antivirus terhadap SARS-CoV-2 dan mampu menghambat replikasi virus. Ia teruji klinis meningkatkan respons imun, mengurangi respons peradangan dan efek samping mengonsumsi obat-obatan medis,” kata Afifah. Konsumsi madu dan habatusauda berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk dijadikan terapi tambahan selama masa pandemi.

Mengutip jurnal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology yang dilakukan University of Technology Sydney Australia, thymoquinone dalam habatusauda berpotensi “menghentikan” virus Corona. Surat edaran No. HK.02.02/IV/2243/2020 dari Kementerian Kesehatan RI menganjurkan konsumsi habatusauda untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit, termasuk pada masa darurat seperti sekarang. Kini khasiat kurma, madu, dan habatusauda bisa dinikmati dalam kemasan praktis juga higienis lewat Kojima.

“Mengasup Kojima selama isolasi mandiri dan PPKM baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas seluruh anggota keluarga. Ia juga mengandung kurma sebagai sumber nutrisi dan antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Plus asam Jawa yang membuatnya terasa segar,” ujar Senior Brand Manager Kojima, Astrid Adelaide, lewat siaran pers yang kami terima pekan ini. Head of Marketing PT Deltomed Laboratories Dian Nugraha, menyatakan produk ini aman untuk dikonsumsi tiap hari oleh anak, dewasa dan lansia. Harga terjangkau.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor : Yoga Prakoso