Jangan Salah Pilih! Begini Cara Memilih Oximeter yang Akurat

Redaksi | 7 September 2021 | 00:22 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Semakin meningkatnya angka orang yang terinfeksi Covid-19 membuat ruangan-ruangan di rumah sakit penuh. Akhirnya, banyak orang yang harus melakukan isolasi mandiri di rumah dan membutuhkan alat medis yang bisa mengontrol kesehatan secara berkala salah satunya adalah oximeter.

Oximeter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, serta membantu untuk mencegah Happy Hypoxia yang dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Namun akhir-akhir ini alat kesehatan ini menjadi viral, sejak munculnya pihak yang mengatakan adanya oximeter palsu. Namun, salah satu pakar kesehatan Dokter spesialis paru Konsultan Onkologi di RSUD dr. Pirngadi Medan Dr. Moh Ramadhani Soeroso, M.Ked(Paru), Sp.P-K.Onk membantah kabar tersebut. Beliau menegaskan tidak ada oximeter palsu, yang ada hanyalah perbedaan dari tingkat akurasinya.

Melihat fakta inilah kamu harus mengerti betul cara memilih oximeter yang bagus, berikut beberapa tips untuk memudahkan anda sebelum membeli oximeter :

Beli di toko resmi

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan oximeter tidak palsu adalah dengan membelinya di toko resmi. Anda bisa membeli oximeter asli dari Sowell di Ruparupa.com. 

Ruparupa menjual oximeter Sowell yang sudah memiliki AKL 20502122350 (Izin Edar Produk Alat Kesehatan). Oximeter ini dapat mengetahui hasil kadar oksigen dan denyut nadi Anda dalam waktu 3 detik dengan hasil yang akurat. Alat ini juga memberikan jaminan garansi 1 tahun.

Lihat grafik pada oximeter

Untuk menguji apakah oximeter itu adalah asli, Anda bisa melakukan tes ini. Masukkan jari ke dalam oximeter dan nyalakan oximeter. Jika pada layar terdapat level oksigen dan grafik penurunan dan kenaikan denyut nadi, maka oximeter tersebut asli. Namun, jika layar oximeter hanya mengukur kadar oksigen dan tidak ada grafik denyut nadi, maka oximeter tersebut adalah palsu.

Perlu diingat bahwa oximeter butuh waktu untuk penyesuaian. Agar lebih akurat, Anda bisa menguji oximeter sebanyak tiga kali. Terdapat kemungkinan grafik denyut nadi tidak muncul pada percobaan pertama. Namun, pada percobaan kedua dan ketiga, Anda mungkin baru bisa melihat grafik denyut nadi Anda.

Melilitkan benang di jari

Uji coba lain yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah oximeter asli atau palsu dengan melilitkan benang dengan erat di pangkal jari telunjuk Anda. Pertama-tama, masukkan jari Anda ke dalam oximeter. Lalu, ikat benang dengan erat di pangkal jari telunjuk Anda. Hal ini akan membuat aliran darah ke jari semakin lambat. Kemudian, periksa oximeter, jika hasil kadar oksigen berkurang, maka alat itu asli. Jika hasil kadar oksigen meningkat, maka alat tersebut palsu.

Cek sertifikasi oximeter

Pastikan untuk memeriksa sertifikasi untuk memastikan kualitas oksimeter. Ada beberapa organisasi yang mengesahkan kualitas dan standar serta menjamin keakuratan oximeter.

Selain oximeter, juga menjual alat kesehatan Sowell lainnya seperti alat cek gula darah dan termometer telinga. Yuk monitor terus kesehatan Anda dengan menggunakan alat-alat kesehatan yang praktis dan akurat.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi