Survei 2021: 60 Persen Responden Indonesia Ngaku Kesehatan Mental Mereka Kurang Ideal

Yoga Prakoso | 21 Oktober 2021 | 00:54 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Asia Pacific Health Inertia Survey 2021 yang bertujuan mengungkap wawasan masyarakat soal dampak pandemi Covid-19 terhadap kesehatan konsumen, perilaku, dan sikap mereka diselenggarakan pada Juli dan Agustus 2021. Survei ini menyasar 11 negara Asia Pasifik di antaranya Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam dengan melibatkan 5.496 konsumen Herbalife Nutrition berusia 18 tahun ke atas. Hasilnya, mengejutkan.

Merujuk pada hasil survei, 63 persen konsumen di Indonesia menyebut kesehatan fisik mereka saat ini kurang ideal. Terkait kesehatan mental, 60 persen responden merasa kurang ideal. Bagi yang mengalami penurunan kesehatan fisik dalam 12 bulan terakhir, 69 persen responden di Indonesia mengaitkan ini dengan kurangnya aktivitas fisik. Faktor lain yakni mengonsumsi makanan tidak sehat (42 persen). Soal kesehatan mental, faktor pemicu utama rupanya stres akibat pekerjaan dan situasi ekonomi yang tak menentu (70 persen). Faktor lain yakni kurangnya aktivitas di luar (61 persen) dan pembatasan mobilitas (60 persen).

Sementara responden yang mengalami peningkatan kesehatan fisik dan mental menyatakan faktor yang berperan secara umum yakni mengonsumsi makanan sehat, pengaruh positif dari keluarga dan teman, banyak waktu untuk pribadi, serta meluangkan waktu buat istirahat juga olahraga. “Ada kesadaran tinggi terhadap peran penting olahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat, dukungan lingkungan dan komunitas dalam mencapai kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan,” kata Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi lewat siaran persnya yang kami terima pekan ini.

Karenanya, masyarakat Indonesia perlu didorong untuk aktif berolahraga teratur. Salah satu cara yang ditempuh Herbalife, yakni menggelar Herbalife Nutrition Virtual Run 2021 dari tanggal 1 hingga 31 Oktober 2021 di 11 negara Asia Pasifik dan progam kampanye “Get Moving With Good Nutrition.” “Tujuannya menginspirasi masyarakat agar mengadaptasi gaya hidup lebih sehat dan aktif, serta mendorong komunitas agar saling dukung dalam meningkatkan aktivitas gaya hidup sehat,” tutup Andam Dewi.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor : Yoga Prakoso