Tanda-tanda Kerusakan Skin Barrier, Dari Gatal Hingga Kemerahan

Redaksi | 9 Februari 2022 | 00:23 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahukah Anda, skin-barrier adalah lapisan kulit paling luar. Fungsinya, melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet, polusi, racun, dan patogen yang berbahaya bagi tubuh. Skin-barrier juga berperan menjaga kelembapan alami dan kesehatan kulit. Jika skin-barrier rusak, maka kulit dapat mengalami risiko dehidrasi dan mempercepat terbentuknya melanin. Ulasan ini disampaikan dermatologis, Dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV, dalam Virtual Marina Expert White and Glow Press Launch yang digelar pada 8 Februari 2022.

Karenanya menjaga skin-barrier dengan perawatan teratur sangat penting. Kardiana lalu menjelaskan tanda-tanda kerusakan skin barrier. “Antara lain kulit kering, gatal, kemerahan atau kulit menjadi lebih sensitif. Kondisi ini dapat dipicu kebiasaan sehari-hari, seperti cara mencuci dan menggunakan sabun wajah yang tidak tepat, malas pakai pelembap, atau penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit,” katanya. Ada sejumlah langkah yang bisa ditempuh untuk memperbaiki skin-barrier yang rusak.

Pertama, mulailah dengan pakai sabun muka yang cocok dengan kondisi kulit wajah. Kedua, gunakan pelembap yang mengandung senyawa untuk mengatasi kulit kering, meregenerasi sel dan menutrisi. Bahan yang saat ini banyak digunakan antara lain Ceramide, Niacinamide, dan Vitamin C. Terakhir, perawatan harus dilakukan rutin. Senada dengan ulasan ini, Senior Head Brand Investment and Consumer Engagement Marina, Elfia Rahmi memperkenalkan Marina Expert White and Glow dengan kandungan Duo-Expert Nia-Ceramide.

Dengan zero paraben dan nol persen alkohol, Marina Expert White and Glow hadir untuk beragam jenis kulit. “Varian Bright Booster untuk kulit normal dan untuk mendapatkan kulit cerah sekaligus glowing. Hydra Lock untuk kulit kering dan dehydrated agar lebih lembap sekaligus kenyal. Acne Clear + untuk kulit berminyak dan berjerawat. Fungsinya, mengontrol minyak berlebih, mencegah jerawat, dan merawat kulit tetap glowing,” ulas Elfia.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi