Susu dan Kurma, Mengandung Zat Gizi yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Tubagus Guritno | 13 April 2022 | 20:08 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap bulan Ramadhan kurma menjadi komoditi yang banyak dicari oleh umat Muslim, khususnya untuk sahur dan berbuka puasa. Bukan hanya rasanya yang manis dan legit, kurma juga memiliki banyak manfaat, antara lain mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi selepas puasa serta membantu menjaga daya tahan tubuh. 

Menurut dokter spesialis gizi dr Feni Nugraha, MARS, MGizi, SpGK, berdasarkan data USDA (United States Department of Agriculture) Food Data Central, kurma mengandung tinggi karbohidrat, serta mengandung protein, lemak, serat, juga berbagai vitamin dan mineral. Karbohidrat pada Kurma mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang merupakan sumber energi tubuh selama menjalankan puasa 14 jam. Kandungan glukosa dan fruktosa yang tinggi pada kurma merupakan bentuk gula sederhana yang dapat cepat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi.

International Journal of Food Sciences and Nutrition juga merils, kurma kaya akan nutrisi, yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengembalikan energi yang hilang selama puasa, baik pada saat sahur maupun berbuka puasa. Dalam 1 butir kurma dengan berat 24 gram mengandung 66 kalori dan gula 16 gram.

Kurma juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium, fosfor, zat besi, seng, selenium, magnesium, dan kalium. Kandungan kalium yang tinggi pada kurma, baik dikonsumsi pada penderita penyakit darah tinggi. Kurma juga mengandung zat bioaktif seperti polifenol (asam fenolat dan flavonoid), dan karotenoid yang sifatnya sebagai antioksidan, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan baik untuk kesehatan jantung.

Sebelum puasa, saat berbuka atau makan sahur kita harus tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan memenuhi semua kebutuhan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu makanan yang dapat dikonsumsi selama bulan puasa adalah susu kurma. Karena susu dan kurma mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu karbohidrat, protein, lemak, kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kombinasi keduanya juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama bulan puasa. Susu kurma dapat diminum secara langsung ataupun dijadikan paduan bahan dasar makanan menu takjil pada saat puasa.

Karena itulah MilkLife berkomitmen untuk #MenebarKebaikan bagi semua orang, tidak terkecuali bagi penderita alergi laktosa yang ingin tetap dapat menikmati kebaikan susu sapi.

“Komitmen kami adalah menghadirkan manfaat dari setiap kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh agar kesehatan selalu terjaga terutama menjelang pada bulan suci Ramadhan di masa pandemi. Kami berharap semua orang bisa merasakan manfaat ganda dari susu dan kurma melalui MilkLife varian terbaru yaitu rasa kurma ini, serta menularkan semangat dalam #MenebarKebaikan,” ujar Bernadeth Virna Widiastuty, Marketing Manager Global Dairi Alami.

Melalui varian terbaru rasa kurma, MilkLife menggunakan susu segar yang mengandung protein, kalsium, fosfor dan vitamin D yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kekuatan tulang dan otot. Susu MilkLife varian Kurma ini juga kaya akan vitamin yang dapat melengkapi nutrisi dalam tubuh.

“Sebagai aksi nyata PT. Global Dairi Alami dalam memaknai #MenebarKebaikan adalah dengan membagikan produk MilkLife varian kurma ke beberapa pesantren di Jakarta dan Jawa Barat yang menjangkau ribuan masyarakat," tandas Virna.

***

Penulis : Tubagus Guritno
Editor : Tubagus Guritno