Profil Aminah Cendrakasih dan Asal Usul Nama Mak Nyak

Supriyanto | 21 Desember 2022 | 22:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolah meninggal dunia pada Rabu (21/12) malam. Kabar duka tersebut pertama kali diketahui dari unggahan Rubby Karno, kakak Rano Karno di melalui akun Facebook pribadi miliknya.

Rubby membagikan kabar duka sambil memajang foto dirinya bersama dengan Aminah Cendrakasih yang sedang tergeletak di atas tempat tidurnya.

"Innalilahi wa inna ilaihi rojiun... Telah berpulang Maknyak Aminah Tjendrakasih pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2022 jam 19.30," tulis Rubby Karno.

Saat dikonfirmasi, Rubby menyebutkan Mak Nyak meninggal sekitar pukul19.30 WIB usai salat Isya.

"Iya betul. Awalnya saya tahu dari Rano (Karno), langsung konfirm ke anaknya, Lala dia membenarkan meninggal setengah 8 tadi. Langsung saya kabari yang lain," ungkap Ruby Karno saat dihubungi wartawan lewat telepon, Rabu (21/12).

Aminah Cendrakasih meninggal dunia akibat glukoma yang dideritanya sudah sejak lama, sekitar 14 tahun ia berjuang melawan glukoma.

Rencananya jenazah Aminah Cendrakasih akan dimakamkan pada Kamis (22/12) besok di dekat kediamanya, kawasan  Tangerang.

Kabar meninggalnya Aminah Cendrakasih jadi pembicaraan hangat di media sosial. Berikut profil dan agama Mak Nyak si Doel.

Aminah Cendrakasih adalah aktris senior yang makin populer setelah ikut membintangi sinetron Betawi, Si Doel Anak Sekolah di RCTI pada pertengahan tahun 90-an. Ia berperan sebagai Emak si Doel.

Nama Mak Nyak yang populer di telinga masyarakat muncul dari celetukan Basuki sebagai anak perantau yang tinggal di kontrakan sebelah rumah. Emak si Doel sering dipanggil Mak Nyak atau singkatan dari Emak Enyak oleh Basuki dengan logat Jawa yang kental.

Sebelum namanya booming sebagai Mak Nyak, perempuan kelahiran Magelang ini sudah terjun ke dunia hiburan sejak 1950-an. Bermula dari aktif di pentas sandiwara pada 1955 sebagai pemain dan penyanyi.

Kemudian pada tahun yang sama, dia mendapat kesempatan tampil dalam film Oh, Ibuku (1955) dan Gadis Tiga Djaman (1955).

Aminah Cendrakasih lahir pada lahir 29 Januari 1938. Aminah seorang muslim, merupakan anak dari Wolly Sutinah atau lebih dikenal sebagai Mak Wok, aktris legandaris Indonesia.(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor : Supriyanto