Fungsi Panel Surya Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Ari Kurniawan | 29 Juli 2023 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tren pemasangan panel surya di atap rumah maupun perusahaan menjadi salah satu pemanfaatan energi terbarukan yang berasal dari panas matahari.

Melihat kebutuhan tersebut, UOB Indonesia meluncurkan U-Solar 2.0 untuk mendukung rantai nilai industri tenaga surya di Indonesia.

Harapman Kasan, Wholesale Banking Director UOB Indonesia menyatakan “Di UOB Indonesia, kami senantiasa bertanggung jawab dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Melalui U-Solar 2.0, kami membantu menghubungkan ekosistem tenaga surya dan mempercepat transisi menuju ekonomi rendah karbon.

“Program ini bertujuan memberdayakan industri tenaga surya Indonesia dengan praktik berkelanjutan, sejalan dengan agenda pemerintah untuk menggerakkan 23 persen pembangkit listrik dari energi baru terbarukan pada tahun 2025,” ujar Harapman Kasan di peluncuran U-Solar 2.0 di Hotel Bidakara Jakarta, belum lama ini.

Dalam program U-Solar 2.0, kontraktor dan pengembang dapat memanfaatkan persyaratan kredit yang lebih baik saat membeli dari pemasok peralatan yang disetujui. Rangkaian solusi tersebut juga mencakup pembiayaan perdagangan ramah lingkungan yang secara efektif mengatasi masalah arus kas dan kesenjangan modal kerja untuk pengembang dan kontraktor. Dengan memungkinkan solusi-solusi tersebut membiayai pembelian peralatan dan mengerjakan beberapa proyek tenaga surya secara bersamaan, U-Solar 2.0 mendukung peningkatan adopsi tenaga surya di seluruh kawasan.

U-Solar 2.0 termasuk dalam Smart City Sustainable Finance Framework UOB dan memperluas layanannya kepada para pemain di seluruh rantai nilai surya. Dengan dimasukannya pembiayaan perdagangan ramah lingkungan dalam Green Trade and Working Capital Sustainable Finance Framework UOB semakin mendukung adopsi energi hijau yang lebih luas, memperkuat kemitraan dengan para pemain industri serta memungkinkan klien untuk mencapai tujuan de-karbonisasi mereka

UOB Indonesia meluncurkan U-Solar 2.0 sebagai upaya memperluas cakupan program U-Solar agar akses terhadap pembiayaan berkelanjutan bagi kontraktor solar engineering, procurement, construction, and commissioning (EPCC) lokal serta pengembang proyek menjadi lebih sederhana.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan