Kurban Sapi 1 Ton, Irfan Hakim Sumbangkan Kepala Sapi untuk Penelitian

Supriyanto | 19 Juni 2024 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perayaan Idul Adha 1445 H pada Senin(17/6) kemarin, Irfan Hakim berkurban beberapa sapi berukuran jumbo. Tidak hanya sekedar berkurban sebagai kewajiban, Pemandu Acara Family 100 itu juga menyumbangkan kepala sapi jumbo miliknya ke universitas untuk penelitian.

Irfan Hakim menyebutkan, kepala sapi jumbo diserahkan ke sebuah Universitas agar bermanfaat bagi para mahasiswa untuk mengembangkan ilmunya.

"Ada dua kepala sapi, satu diawetkan di rumah dan yang satu lagi dijadikan pusat ilmu di IPB, jadi sumber ilmu pengetahun di laboratorium mereka, Alhamdulillah bisa jadi ilmu buat banyak orang," ungkap Irfan Hakim kepada wartawa di Studio Trans7, Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Selain dikurbankan kan selain kita dapet pahala, selainnya juga bisa dimanfaatkan buat ilmu pengetahuan," jelas Irfan Hakim.

Kepala sapi jumbo yang disumbangkan juga spesial karena berukuran besar sehingga membuat banyak hal bisa dipelajari dengan jelas oleh para mahasiswa.

"Ukurannya kan tengkoraknya cukup besar, jadi bagi calon-calon dokter hewan itu bisa bangetbuat dipelajari," kata Irfan Hakim.

"Bisa ditelusuri juga bagian kepala sapi itu ada apa saja, bagian belakang lidahnya itu seperti apa, jumlah giginya berapa, itu ilmu semua," beber Irfan Hakim.

Irfan Hakim juga menceritakan, dirinya mengawetkan hewan-hewan peliharaannya yang sudah mati. Selain untuk mengenang, ia juga seringkali meneliti penyabab kematian hewan peliharaaannya agar hal tersebut tak terulang pada hewan lainnya.

"Selain sapi juga hewan-hewan lain juga ada yang kita awetkan dan teliti setelah mati, kita coba cari tahu kena sakit apa, bagiamana cara penanggulangannya," pungkas Urfan Hakim.

Penulis : Supriyanto
Editor : Supriyanto