Peduli Hak Pencipta, Ahmad Dhani Sentil Band Kotak

Indra Kurniawan | 15 Juli 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ahmad Dhani dikenal musisi yang memiliki kepedulian tinggi atas nasib para pencipta serta para musisi Indonesia. Saat ini pentolan grup band Dewa 19 itu menjadi garda terdepan bagi rekan seprofesinya yang menuntut keadilan terkait royalti.

Melalui Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) yang dideklarasikan pada tahun lalu, dia kerap menyuarakan distribusi royalti hak cipta lagu yang adil dan transparan kepada para pencipta lagu dan komposer. 

Salah satu bentuk kepeduliannya ditunjukkan dalam postingan Instagram yang dibuat pada Minggu (14/7). Pada postingan tersebut, dia membagikan ulang sebuah postingan dari akun Instagram band Kotak disertai daftar lagu yang dibawakannya.

Ahmad Dhani menandai beberapa judul lagu yang dibawakan Kotak yang diduga tanpa persetujuan dari penciptanya. Selain itu, Dhani singgung pula mengenai etika. Dia pun menandai akun Instagram Posan Tobing, salah satu pencipta lagu-lagu tersebut.

Posan adalah mantan drumer Kotak. Dia telah mengeluarkan larangan bagi Mario Marcela Handika Putra, Tantri Syailindri Ichlasari, dan Chua untuk membawakan lagu-lagu yang turut diciptakannya. Polemik ini sendiri telah dibawa ke ranah hukum.

"MEMBAWAKAN LAGU CIPTAAN SESEORANG TANPA IJIN PENCIPTA ADALAH TINDAKAN TIDAK PUNYA ETIKA DAN MELANGGAR HÜKÜM HAK CIPTA,” tulis Ahmad Dhani dalam keterangan foto.

Tanpa menunggu lama, unggahan Dhani tersebut langsung ramai diserbu beragam komentar warganet. Banyak dari mereka yang memberikan dukungan atas sikap tegas Dhani kepada Tantri Kotak Cs.

"Kalo pak Dhe sudah bereaksi, berarti sudah TERLALU!" kata pemilik akun @bala****. 

"Pak De saya juga salah satu penikmat lagu Kotak tapi memang walau ada 1 kata pun dalam lagu yang orang lain ciptakan memang harus ada haknya yang terbaik bagi semuanya aja," ucap pemilik akun @ted****.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan