Panutan Masa Kini, Mischka Aoki Terpilih Menjadi Barbie’s Role Model Se-Asia Tenggara

Vallesca Souisa | 20 Juli 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Muda, keren, dan menginspirasi banyak remaja untuk berani mewujudkan impian tanpa batas. Dialah Mischka Aoki. Tak henti menorehkan pencapaian dan terobosan baru untuk mendorong generasi muda Indonesia memperkaya nilai diri dan mencetak prestasi.

 Di usianya yang baru 15 tahun, kali ini Mischka terpilih sebagai salah satu Barbie’s Southeast Asia Role Model (Barbie’s Role Model se-Asia Tenggara). Ini merupakan rangkaian dari perayaan 65 tahun Barbie, yang selama ini menginspirasi banyak perempuan muda di berbagai negara untuk mengejar serta mewujudkan impiannya. Tahun ini, Barbie merayakan bersama para perempuan teladan, yang dipilih dari seluruh Asia Tenggara karena prestasi dan kiprahnya di beragam bidang.

 Hanya 20 sosok perempuan hebat yang terpilih dari Asia Tenggara. Mischka terpilih  menjadi sosok paling muda untuk kategori “Women in Science and Technology”.  Bersama-sama dengan Mischka, terpilih dalam kategori ini adalah DR Carina Joe (35), penemu vaksin Astra Zeneca, serta dua perempuan hebat lainnya dari Malaysia, seorang Astrofisika dan Komandan Pasukan Maritim.

 “Adalah suatu kehormatan, saya bisa terpilih sebagai Barbie’s Southeast Asia Role Model, representing Indonesia, dan menjadi salah satu dari empat wanita yang terpilih di Bidang Sains dan Teknologi. Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari acara ini, dan mendapatkan kesempatan untuk berbagi kisah inspiratif bersama wanita-wanita berprestasi lainnya di bidang Arts & Culture, Social Causes, Sports, and Fashion & Beauty,” ungkap Mischka Aoki.

 Barbie’s Southeast Asia Role Model secara keseluruhan mencakup 5 kategori; Arts & Culture, Science & Technology, Social Causes, Sports, Fashion & Beauty. Setiap kategori merepresentasikan perempuan-perempuan tangguh dari Asia Tenggara yang sudah membuktikan kalau segala sesuatunya itu mungkin terjadi, selama kita berani bermimpi!

 Seperti  Mischka Aoki. Bagaimana di usianya yang baru 15 tahun, ia menjadi teladan di bidang pendidikan, sains, teknologi, dan fashion. Lebih dari pada itu, sikap yang positif,  kegigihan, serta bagaimana ia berdampak bagi sesama di usia belia menjadi panutan.

 Bersama adiknya, Devon Kei Kenzo, anak-anak dari perancang busana Winnie Aoki ini memulai program sosial mereka “Sejuta Impian” sejak beberapa tahun yang lalu. Melalui program ini, Mischka dan Devon mengunjungi sekolah-sekolah di Indonesia, berbagi beasiswa kepada anak-anak di Indonesia, dan mengadakan kelas bimbingan Public Speaking, Matematika dan Sains bebas biaya. 

 Di tengah era digital Mischka dan Devon juga memperlihatkan keunikannya. Melalui akun TikTok pribadinya @mischkaaoki, Mischka sering membagikan  konten belajar Bahasa Inggris dengan  lebih fun  sekaligus menghibur.

 Dari Mischka kita belajar bahwa sebagai perempuan, selain cantik luarnya, yang tak kalah penting adalah mengasah “kecantikan” di dalam diri; mengembangkan talenta, wawasan, rasa percaya diri, serta mengetahui betul apa yang diingkan dalam hidup ini.

 “Kita harus berani bermimpi yang tinggi,  dan tidak boleh takut gagal atau mudah menyerah. Kita juga jangan melupakan nilai-nilai dalam hidup kita. Sebagai anak Indonesia, kita harus selalu beretika baik, rendah hati, kapanpun dan dimanapun kita berada,” pesan Mischka. Karena kecantikan sejati bukan hanya tentang kesempurnaan fisik, melainkan juga tentang karakter, rasa percaya diri, dan berdampak bagi orang banyak. Young girls,  you can do it, make it happen!

Penulis : Vallesca Souisa
Editor : Indra Kurniawan