Hamzah Haz Meninggal, Jenazah Langsung Dimakamkan di Cisarua Bogor 

Supriyanto | 24 Juli 2024 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz meninggal dunia pada Rabu (24/7) pukul 9.30 WIB di kediamannya kawasan Tegalan, Jakarta Timur. Mantan Ketua Umum PPP itu meninggal di usia 84 tahun.

Kabar meninggalnya Hamzah Haz beredar di kalangan wartawan melalui pesan berantai. Sekjen PPP, Arwani Thomafi membenarkan berita duka tersebut.

"Benar, telah wafat Bapak Dr Hamzah Haz, pagi ini jam 09.30 di kediaman Tegalan," kata Arwani Thomafi kepada wartawan lewat telepon.

Arwani Thomafi juga menyampaikan, jenazah Hamzah Haz rencananya  akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, siang ini.

"Jenazah akan dimakamkan di komplek pemakaman keluarga di Cisarua Bogor siang nanti setelah salat zuhur," ungkap Arwani Thomafi.

Profil Singkat Hamzah Haz

Hamzah Haz lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940, Hamzah Haz sudah aktif berorganisasi sejak muda. Hamzah mengawali karier sebagai guru pada 1960 dan sempat menjadi wartawan hingga pemimpin umum surat kabar di Pontianak.

Hamzah Haz terpilih menjadi wakil presiden yang mendampingi Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat wakil presiden pada 2001 hingga 2004.

Sebelum itu, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Hamzah Haz juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Penulis : Supriyanto
Editor : Supriyanto