Ernesto Abram Angkat Warisan Seni Budaya Indonesia Lewat Spirit of Revival

Ari Kurniawan | 31 Juli 2024 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menandai perjalanan satu dekade kariernya, Ernesto menampilkan 40 koleksi terbaru bertajuk "Spirit of Revival". Makna dari koleksinya ini adalah mengajak generasi muda untuk bangkit dari keterpurukan dan menghadirkan spirit yang membuatnya bangun dan bangkit.

Kebangkitan menjadi inspirasi desainer Ernesto Abram dalam menuangkan karya terbaiknya di panggung JF3 2024. Baginya, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, namun kerapkali tidak disadari. Untuk itu, Ernesto mempersembahkan koleksi busana yang kaya akan tekstur dan pengolahan material yang merupakan karya tangan anak bangsa.

Terinspirasi dari sejarah besar bangsa Indonesia, seperti kejayaan Kerajaan Sriwijaya dan semangat proklamasi, Ernesto berusaha mengembalikan kejayaan budaya bangsa melalui desain-desainnya. Ia mengangkat warisan seni budaya Indonesia dan mendukung UMKM lokal dengan menciptakan produk eksklusif yang setara dengan produk branded.

Untuk koleksinya tersebut, Ernesto menggabungkan estetika klasik dengan sentuhan modern. Ia menggunakan material kontras seperti tulle, kulit sintetis ringan, chiffon, organza, dan jacquard untuk menciptakan harmoni yang menawan dalam setiap desainnya. Koleksi ini adalah kelanjutan dari tema sebelumnya, dengan nuansa lebih berwarna dan semangat kebangkitan, terutama setelah industri fashion menghadapi tantangan berat akibat pandemi.

“Saya selalu menggunakan simbol kebangkitan dalam setiap karya saya. Tema ‘Spirit of Revival’ ini sangat berarti bagi saya, terutama setelah melewati berbagai proses dan tantangan dalam industri fashion,” ungkap Ernesto di La Piazza Fashion Tent, MKG, Minggu (28/7).

Dengan mengangkat tekstur budaya Indonesia dan kerajinan tangan pengrajin lokal, Ernesto menegaskan kekayaan budaya bangsa yang patut dibanggakan. “Bangsa kita memiliki banyak kekayaan budaya dan kerajinan tangan yang luar biasa. Saat ini, kita harus bangga dan mendukung produk-produk lokal yang memiliki nilai seni tinggi,” tambahnya.

Dalam koleksinya ini, Ernesto menghadirkan 40 koleksi busana kaya warna yang terinspirasi warna-warna tanah material bumi dan alam. “Jadi ada warna tembaga, hijau, gold, dan lainnya,” ujarnya.

Ernesto juga bekerjasama dengan Amero Jewelly di JF3 dengan menampilkan produk-produk terbaiknya yang menghadirkan kilau cahaya yang cantik, finishing yang excellent dan menggunakan emas dengan grade yang tinggi.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan