Catat, Ada Fashion Show Feature Skaters Hingga Penampilan Basboi di DRP Jakarta

Ari Kurniawan | 31 Juli 2024 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika biasanya perhelatan fashion show dibawakan oleh model profesional, kali ini ada yang unik di DRP Jakarta. Bakal ada peragaan busana oleh feature skaters yang bakal menghadirkan koleksi street wear yang unik dan lagi hits bak di Paris.

Nah, untuk kamu pecinta street culture hingga festival urban culture di Prancis pastinya tidak akan melewatkan event besar yang diboyong langsung JF3 berkolaborasi dengan DRP Paris ke Indonesia yaitu DRP Jakarta. Festival ini akan berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 26 Juli hingga 4 Agustus 2024, di Summarecon Mall Serpong.

Seperti diketahui, DRP Paris memang telah dikenal luas pecinta trend streetwear internasional, berlangsung di tengah masa penyelenggaraan Paris Fashion Week, yang tahun lalu bertempat di Jardin des Tuileries, Paris.

Festival ini menjadi titik kumpul komunitas dan pelaku utama budaya urban dan street culture di Perancis yang menampilkan busana streetwear, sneakers, live music, pertunjukan skateboard, dan street food. Lebih dari sekedar perayaan, DRP juga memegang teguh filosofi drop culture, yaitu gerakan menentang fast fashion dengan merilis produk dalam jumlah terbatas dan pada periode tertentu.

Soegianto Nagaria, Chairman JF3 menjelaskan, “Sejak lama JF3 bercita-cita membawa brand lokal Indonesia bisa menembus pasar global, namun brand lokal yang termasuk dalam kategori UMKM seringkali memiliki keterbatasan akses dan modal untuk bisa melakukan eksibisi di luar negeri.

“Tepat di usia 20 tahun ini JF3 berinisiatif mendatangkan event berskala global ke Indonesia, dengan harapan bisa membuka kesempatan bagi lebih banyak brand lokal untuk berpartisipasi dalam pentas internasional,” ujar Soegianto Nagaria, Chairman JF3 di pembukaan DRP Jakarta di Summarecon Mall Serpong, Senin (29/7).

Memang tidak mudah menghadirkan yang wow seperti di Paris. Hal itu juga yang ditegaskan Thresia Mareta, Advisor JF3. “Meski tidak mudah, namun kita patut bangga menghadirkan DRP Jakarta sebagai negara pertama setelah Perancis yang mendatangkan festival terbesar ini. Apalagi, Perancis merupakan ekosistem mode yang sangat maju dan dikenal memiliki standar yang tinggi. Bahkan kurasi brand Perancis yang akan hadir kali ini di DRP Jakarta lebih baik dibanding dengan DRP Paris tahun lalu,” papar Thresia Mareta, Advisor JF3.

Tidak kurang dari 50 brand lokal dan internasional yang akan berpartisipasi, semuanya melalui kurasi ketat oleh penyelenggara DRP Jakarta yang terintegrasi dengan DRP Prancis, menghadirkan ratusan produk mode berkualitas dengan koleksi yang menyesuaikan trend terkini dari beberapa brand Indonesia terkemuka seperti Kick Avenue, LAKON Indonesia, Kanky, Untold, Bratpack, Denimitup, Rawtyperiot, juga Control New, brand streetwear dengan pendekatan berkelanjutan untuk produksi aksesori dan busana.

DRP Jakarta membawa brand streetwear Prancis, yaitu Pablo T-Shirt Factory, Please Paulo Stop Cappin, dan A1 Denim serta brand streetwear dari Amerika, Barriers Worldwide.

Akan ada juga komunitas skateboard, dan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Talkshow, Free Skating, Public Skate Session, Game of Skate, Board Painting, Fashion Show with feature skaters, Vert Ramp Demo, dan Park Demo Session dari skater berpengalaman yang siap memukau pengunjung termasuk hadirnya atlet skateboard peraih medali internasional

Jangan lewatkan juga penampilan live DJ, dan penampilan fenomenal dari musisi hip-hop ternama Indonesia, yaitu Tuan Tiga Belas pada Jumat, 26 Juli 2024, pukul 19.00, Basboi pada Sabtu, 3 Agustus 2024, pukul 19.00. Dan akan ditutup oleh Ramengvrl seniman “street” musik Indonesia yang telah dikenal di mancanegara pada Minggu, 4 Agustus 2024, pukul 19.00 WIB.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan