Harapan Raymond Chin Terhadap Pemerintahan Prabowo-Gibran

Indra Kurniawan | 12 Agustus 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pengusaha muda yang juga kreator konten Raymond Chin menyimpan harapan besar untuk pemerintahan baru yang dipimpin oleh Prabowo-Gibran Rakabuming Raka nanti.

Harapan itu diungkap melalui kanal YouTube Raymond Chin yang diunggah pada Jumat (9/8) lalu. Pria kelahiran Yogyakarta 7 Desember 1994 mengharapkan kabinet pemerintahan baru nanti diisi oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya.

"Saya, sih punya harapan sangat besar untuk Pak Prabowo yang dikenal bakal Presiden tangan besi, enggak ada, kan, Pak utang budi yang harus dibagi-bagi kuenya?" ucap Raymond Chin. 

"Saya suka dengan prinsip bapak Prabowo yang percaya sistem meritokrasi, the right men on the right place. Menurut saya, kabinet nanti harus diisi orang-orang profesional dan wajib non parpol," ujar Raymond Chin.

Meritokrasi adalah sistem politik yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi, bukan kekayaan atau kelas sosial.

Raymond Chin bukan memandang sebelah mata keberadaan partai politik di Indonesia. Hanya saja, dia mengamati enam kepemimpinan terakhir di Indonesia, semakin banyak orang-orang dari parpol yang menjabat di kabinet. 

"Saya sedih yang sekarang terjadi politik dagang sapi, dimana semakin banyak partai politik yang mendukung semakin banyak pula kue yang dibagi-bagi. Saya sebut kabinet akomodatif, yang artinya 50 persen parpol dan 50 persen non parpol," beri tahu Raymond Chin. 

"Namun saya percaya dengan ketegasan yang dimiliki enggak mungkin Pak Prabowo memilih orang-orang yang bobrok dan tidak sesuai bidangnya," kata Raymond Chin.

Raymond Chin mengatakan setiap warga negara punya hak untuk menagih kabinet yang cocok dengan visi misi presiden. Jika dalam perjalanan tidak sesuai dengan kompetensinya, rakyat berhak protes dan mengusulkan calon yang lebih baik.

Raymond Chin, pengusaha sukses dan kreator konten
 (Instagram/Raymond Chin)

"Saya suka Pak Prabowo yang pro rakyat dan nilai-nilai demokrasi yang harus diperkuat. Nilai demokrasi inilah yang memberikan kekuatan kepada rakyat karena rakyat yang punya kekuatan yang bisa membawa negara kita ke mata global," kata pendiri Ternak Uang, platform edukasi literasi tentang keuangan dan saham.

Prabowo diusulkan oleh Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara Hukum Administrasi Negara membentuk kabinet pemerintahan baru yang berisikan 40 kementerian yang dipimpin oleh 40 menteri. Penambahan kementerian baru berdasarkan usulan Asosiasi tersebut untuk memenuhi keseluruhan urusan pemerintah.

"Kalau memang dibutuhkan 40 menteri, ya sudah enggak apa-apa asalkan Pak Prabowo tidak bagi-bagi kue hanya sekadar bikin kabinet baru. Saya yakin Pak Prabowo bisa menepis hal itu karena tujuannya satu, memajukan negara Indonesia," harap Raymond Chin.

Raymond selain dikenal pengusaha dan kreator konten merupakan penggagas Revolusi Lokal, gerakan yang mengajak masyarakat untuk membeli dan menjadi konsumen produk lokal, baik di pasar domestik maupun global. Tujuannya untuk memajukan produk lokal dan mendukung UMKM Indonesia.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan