Rumah Indonesia Membangun Kemandirian Bangsa Lewat Pendidikan hingga Budaya

Ari Kurniawan | 21 Agustus 2024 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak berdiri pada 17 Agustus 2020, Rumah Indonesia menunjukkan komitmen kuat untuk memberdayakan masyarakat melalui lima aspek utama: Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, dan Budaya. Dengan tujuan akhir untuk menguatkan masyarakat dan mewujudkan kemandirian bangsa, Rumah Indonesia membangun jaringan terpadu yang mendukung potensi bangsa di berbagai sektor.

Pada masa pandemi COVID-19, Rumah Indonesia berkontribusi signifikan dengan membangun laboratorium dan fasilitas kesehatan untuk membantu mengatasi krisis kesehatan. "Saat pandemi COVID-19 kami berkontribusi dalam pembangunan laboratorium dan fasilitas kesehatan untuk membantu krisis kesehatan kala itu," ujar Refki Riyanto dalam acara Soft Launching Aplikasi Ramah Indonesia di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (20/08).

Tidak hanya berfokus pada kesehatan, Rumah Indonesia juga aktif dalam pengembangan ekonomi kreatif. Organisasi ini menjadi platform bagi anak muda untuk berkreasi dan mengembangkan usaha. "Mitra dari Rumah Indonesia pada sektor UMKM ekonomi kreatif sudah ada 100-an. Sedangkan pada bidang kesehatan ada 6 sampai 8 rumah sakit dan laboratorium. Tahun ini akan nambah di daerah Riau dan Sumatera Barat," jelas Refki.

Rumah Indonesia juga menjalin sinergi dengan House of Indonesia di Dubai, yang menampilkan produk-produk dan keragaman Indonesia. "Rumah Indonesia datang ke beberapa daerah untuk melihat potensi dan mengeksekusi sehingga bisa jadi solusi," tambah Refki.

Rumah Indonesia meluncurkan platform Ramah Indonesia sebagai ekosistem wirausaha mandiri. Tommy, Advisor IT Rumah Indonesia, menyebutkan, "Dalam journey-nya, Rumah Indonesia akan segera memasukkan retail dan produk unggulan. Kami juga akan mewadahi anak muda untuk berkreasi dan mendapatkan lapangan pekerjaan." 

Selain itu, akan ada website untuk mengenalkan Ramah Indonesia secara daring, dan ada rencana pembukaan seleksi lowongan di Dubai atau Arab Saudi.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan