Aktor Termahal Korea, Yoo Ah-In Divonis Satu Tahun Penjara Atas Kasus Narkoba

Siti Adisya Kirana | 4 September 2024 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada Rabu, (3/9) menjatuhkan vonis satu tahun penjara kepada aktor terkenal, Yoo Ah-In atas kasus penyalahgunaan narkoba. 

Selain hukuman penjara, Yoo Ah-In juga diharuskan membayar denda sebesar 2 juta won atau sekitar Rp 23 juta, serta wajib menjalani program rehabilitasi narkoba.

Dalam putusannya, pengadilan menyatakan bahwa tindakan Yoo Ah-In mengonsumsi  berbagai jenis narkoba, termasuk propofol, pil tidur, dan mariyuana, dalam jangka waktu yang cukup lama merupakan pelanggaran serius terhadap hukum. 

“Meskipun telah diperingatkan oleh para profesional medis sejak awal tahun 2021 tentang bahaya penggunaan propofol yang berlebihan, terdakwa terus melakukan kejahatan ini. Ketergantungannya pada obat penenang, pil tidur, dan mariyuana menunjukkan kurangnya kesadaran mengenai tingkat keparahan masalah terkait narkoba, serta mengabaikan peraturan terkait,” kata putusan sidang.

Pengadilan juga mempertimbangkan faktor-faktor yang memberatkan, seperti penggunaan pengaruh sebagai publik figur untuk memperoleh narkoba secara ilegal dan kurangnya penyesalan awal.

Kasus ini terungkap setelah Yoo Ah-In kedapatan menggunakan propofol secara berlebihan di beberapa klinik kecantikan. 

Investigasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa aktor tersebut juga membeli pil tidur secara ilegal dan menggunakan mariyuana bersama teman-temannya.

Dalam persidangan, Yoo Ah-In mengakui kesalahannya dan menyatakan penyesalan yang mendalam. Ia juga mengaku telah menjalani perawatan untuk mengatasi ketergantungannya pada narkoba.

“Saya minta maaf atas kekhawatiran yang telah saya sebabkan kepada banyak orang,” ucapnya.

Yoo Ah-in adalah seorang aktor dan model asal Korea Selatan yang telah banyak membintangi drama dan film populer, seperti "#Alive" dan "Hellbound".

Terkenal dengan performa aktingnya yang mumpuni dan versatile, Yoo Ah-in pun berhasil mengumpulkan puluhan penghargaan, serta dinobatkan sebagai salah satu aktor dengan bayaran termahal di Korea Selatan.

Honornya dalam satu episode bisa mencapai $59.000 atau sekitar Rp962 juta. Di tahun 2023, total kekayaan bersih Yoo Ah-in diperkirakan telah mencapai $12 juta atau Rp195,6 miliar rupiah.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor : Supriyanto