Podcast Hunt 2024, Kesempatan bagi Podcaster Baru untuk Unjuk Gigi

Ari Kurniawan | 5 September 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Industri podcast terus berkembang. Dalam lima tahun terakhir, konsumsi podcast dalam format video tercatat 6 kali lebih banyak memiliki potensi besar dan dibandingkan format audio. 

Momen ini dimanfaatkan Podcast Ancur, yang beranggotakan Patra Gumala, Randika Jamil, dan Diaz Danar, untuk menggelar ajang pencarian podcaster bertajuk "Podcast Hunt 2024".

Bukan tiba-tiba, menurut Patra Gumala, keinginan menggelar perburuan podcaster baru sudah tercetus sejak 2 tahun lalu. 

"Kita sering di-tag sama podcaster lain, banyak banget. Mereka minta kita dengar podcast mereka. Akhirnya kita mikir apa bikin Podcast Hunt ya," cerita Patra, di kawasan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Kamis (5/9).

Di kesempatan yang sama, Diaz Danar mengatakan, tujuan dari ajang ini adalah untuk membesarkan ekosistem dari podcast di Indonesia.

"Podcast tuh masih punya banyak peluang banget untuk terus berkembang. Nah kami yang dari Podcast Ancur peduli dengan industri ini, jadi kami berusaha untuk membuka peluang untuk podcaster baru," jelasnya.

"Kalau pemainnya kita bertiga doang ya pasti bosan, makanya kami undang mereka untuk muncul para podcaster yang ada tapi belum kedengeran, kita sama-sama buat ekosistemnya besar," Randhika Djamil menimpali.

Lebih dari itu, Patra ingin membuka peluang bagi podcaster pemula yang ada di luar Jakarta. 

"Kita nggak pengen podcast-nya berhenti di Jakartasentris. Kita percaya bahwa di kota besar lainnya ada kekuatan baru," kata dia.

Podcast Hunt 2024 akan melibatkan Oki Tengga dan Novita Angirle sebagai juri. Keduanya menyebut sejumlah kriteria penilaian, di antaranta originalitas dan keunikan.

Pendaftaran Podcast Hunt 2024 resmi dibuka hari ini dengan mengakses microsite podcasthunt.id dan akan ditutup pada 21 September 2024.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Supriyanto