Nova Liana Pamer Kostum Masakan Padang Seberat 5 Kg di Miss Grand International 2024

Indra Kurniawan | 21 Oktober 2024 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Miss Grand Indonesia 2024 Nova Liana tampil memukau saat sesi National Costume Competition Miss Grand International 2024 pada Minggu (20/10) malam di MGI Hall, Bangkok, Thailand.

Dengan senyum semringah di wajahnya, Nova Liana membawakan kostum nasional bertema "The Royal Flavors Of Payakumbuah" karya desainer Annisa Banyuwangi, yang terinspirasi dari tradisi makanan Padang dengan beragam hidangan lezatnya.

Tradisi itu dilambangkan dalam tampilan masakan Minangkabau yang dibawa di atas nampan besar. Dilihat di Instagram Miss Grand International, postingan video Nova dalam balutan kostum tersebut mendapat komentar terbanyak dari netizen dibanding unggahan video National Costume kontestan negara lain. 

Menurut Ivan Gunawan, founder Yayasan Dunia Mega Bintang yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima tabloidbintang.com, Senin (21/10), desain kostum itu gambaran terhadap kebanggaan budaya Indonesia dan kecintaan yang mendalam terhadap makanan khas Indonesia yang disatukan secara sempurna. 

"National Costume itu bisa menjadi sarana promosi wisata Indonesia di mata dunia. Makanan Padang itu, kan grande dan sangat Indonesia. Maka saya berharap dari National Costume yang autentik, unik, dan fresh ini Nova bisa cerita ke kontestan lainnya bahwa ini adalah masakan Padang, salah satu makanan khas Indonesia yang rasanya luar biasa. Silakan ke Indonesia untuk mencicipi," kata Ivan panjang.

Kostum tersebut merupakan hasil kolaborasi Ivan dengan Arief Muhammad, pemilik Restoran Padang Payakumbuah. Sementara untuk pembuatannya sendiri memakan waktu hingga tiga minggu. Salah satu kesulitannya menurut Annisa terletak pada buka tutupnya yang agak susah.

"Agak susah karena di dalamnya terdapat banyak piring dengan aneka lauk khas masakan Padang. Untuk berat kostumnya sendiri 5 kg," kata Annisa Banyuwangi.

Besarnya dukungan dari netizen dan juga masyarakat Indonesia membuat Nova semakin bersemangat untuk melaju lebih jauh di ajang tersebut. Dia pun tak lupa mengucap syukur dan terima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan terhadapnya selama di sana. 

"Saya bersyukur dan berterima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia selama saya mengikuti kompetisi Miss Grand International 2024. Doa dan dukungan masyarakat Indobesia adalah hal yang paling penting dan memberikan semangat tersendiri bagi saya untuk terus mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia," ucap Nova. 

Ivan Gunawan hadir langsung di Bangkok, Thailand, untuk memberikan dukungan kepada Nova Liana. (Instagram/Ivan Gunawan)

Nova saat ini tengah mempersiapkan diri untuk malam Preeliminary yang akan berlangsung pada Selasa (22/10) besok. Sementara untuk Grand Final digelar pada Jumat (25/10) mendatang. 

Demi memberikan dukungan kepada Nova, Ivan Gunawan hadir langsung di sana. Dalam foto yang dibagikan di Instagram pribadinya, tampak Ivan dengan wajah berseri mengibarkan bendera merah putih saat Nova melintas di atas panggung. 

"Berkibar lah BENDERA MERAH PUTIH kebanggaan ku INDONESIA," tulis Ivan di bagian caption.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan