Penjelasan Pratiwi Noviyanthi Soal Kisruh Uang Donasi Rp 1,5 Miliar Agus Salim

Ari Kurniawan | 28 Oktober 2024 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - YouTuber Pratiwi Noviyanthi atau Novi menggelar jumpa pers terkait polemik uang donasi Agus Salim, korban penyiraman air keras yang viral di media sosial. 

Diceritakan Novi, dirinya pertana kali mendapat pesan singkat di media sosial dari keluarga Agus pada 5 September 2024. Saat itu, wanita berinisial W yang mengaku sebagai kerabat Agus, meminta bantuan Novi agar kasus yang dialami Agus bisa mendapat perhatian publik secara lebih luas.

"Dan ada juga permohonan agar dibantu open donasi ke yayasan kami," ujar Novi, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/10).

Karena kesibukan, Novi baru bisa mengunjungi Agus di rumahnya pada 12 September 2024. Melihat kondisi agus, saat itu Novi merasa iba.

"Jujur, secara keadaan sangat memprihatinkan karena luka bakar di sekujur tubuh. Saat itu mas Agus baru 1 hari pulang dari rumah sakit," jelasnya

Novi pun langsung bergerak membuka donasi lewat media sosialnya. Hasilnya, terkumpul uang sekitar 35 juta rupiah.

Namun, jumlah itu dirasa masih sangat kurang untuk bisa pengobatan mata Agus. Novi kemudian meminta bantuan Ashanty, Uya Kuya, hingga Denny Sumargo untuk ikut mempublikasi persoalan ini di media sosial mereka. 

Denny Sumargo menyambut permintaan Novi dan mengundang Agus untuk datang ke podcast-nya pada 23 September 2024. Dari podcast itulah kemudian Denny Sumargo membuka donasi untuk Agus. 

"Saya sengaja tidam hadir, karena saya tidak mau ada omongan kalau saya Pansos. Saya hanya siapkan transportasi untuk mas Agus," kata Novi.

Awalnya, Denny Sumargo meminta agar nomor rekening yayasan milik Novi dicantumkan di akhir podcast-nya. Namun Agus dan keluarga meminta nomor rekening pribadi.

"Saya baru tahu itu setelah sudah ada tayangan di YouTube bang Densu," ujar Novi lagi.

Sampai di situ, belum ada masalah. Novi pun ikut senang ketika mengetahui donasi yang masuk ke rekening Agus mencapai lebih dari 1 miliar rupiah. 

Namun, Novi mulai merasa kecewa ketika pihak keluarga Agus tidak terbuka soal penggunaan uang donasi. Beberapa kali ia meminta keterangan mutasi, tapi tidak ada jawaban yang memuaskan.

Belakangan Novi justru mendapat kabar kalau ada penggunaan uang 95,8 juta rupiah untuk membayar utang keluarga Agus.

"Dari situ saya kaget, karena apa ya, saya meminta tolong, terus saya merasa ini adalah prioritas saya karana ini untuk operasi matanya (Agus). Karena biar segera bisa melihat seperti sediakala, walaupun terkendala sedikit dia bisa melihtabdengan satu mata," tutur Novi. 

"Terus akhirnya adanya permintana keluarga, kejujuran atas uang yang sudah pakai," tambah Novi. 

Karena masalah itu, muncul kesepakatan agar uang donasi dipindahkan ke rekening yayasan milik Novi yang bernama Rumah Peduli Kemanusiaan. Setelah ada di yayasan, uang donasi bisa digunakan untuk pembiayaan mata Agus. 

Akan tetapi, belakangan justru muncul polemik baru. Agus yang didampingi pengacara Farhat Abbas melaporkan Novi ke Polda Meteo Jaya, dengan tuduhan pencemaran nama baik dan pemerasan.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan