Kisah Kepedulian Cinta Laura pada Pendidikan Bagi yang Tidak Mampu

Sarah Christiani | 10 Januari 2014 | 20:55 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - AKTRIS cantik Cinta Laura Kiehl (20) mengunjungi Sekolah Pangerasan Education Center pada awal Januari lalu.

Sekolah yang terletak di Ciawi, Bogor, itu merupakan salah satu sekolah yang dibantu oleh Yayasan Soekarseno Peduli milik keluarga ibunda Cinta, Herdiana Kiehl.

Saat ini ada belasan sekolah di Bogor yang dibantu Yayasan Soekarseno Peduli. Kenapa memilih Bogor? Alasan pertama, Bogor punya kenangan khusus buat Cinta. Ketika pertamakali datang ke Indonesia, aktris yang lahir pada 17 Agustus ini tinggal di Bogor. Aalsan berikutnya, di Bogor terdapat sekitar 2.000 sekolah yang hancur dan kurikulumnya sudah ketinggalan zaman. Cinta dan keluarganya ingin membantu memperbaiki pendidikan untuk anak-anak di Bogor.

Kata Cinta, di Pangerasan Education Center para siswa tak cuma di ajarkan pendidikan formal, tapi juga pendidikan non formal yang berguna untuk mereka.

"Bukan hanya pendidikan formal saja, tapi sekolah ini juga mengajarkan musik, menjahit, menanam pohon, dan lain-lain supaya anak-anak di sekolah ini tidak cuma belajar dari buku tapi juga dari komputer. Belajar untuk menjahit dan skill lain yang penting untuk bisa kerja dan mandiri," kata Cinta yang sedang menikmati liburan selama tiga pekan di Indonesia.

Pelantun "Oh Baby" ini merasa gembira karena salah satu anak didik Yayasan Soekarseno Peduli ternyata ada yang diterima di Universitas Indonesia. "Mudah-mudahan lebih banyak lagi anak-anak yang sekolah di Pangerasan Education Center yang diterima di universitas negeri, dan malah kalau bisa ke luar negeri," ceritanya.

Cinta menceritakan, saat berumur 10 tahun, dirinya pernah turut andil untuk mengajar siswa-siswa di sana belajar bahasa Inggris. Setelah menjadi artis, Cinta tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengajar, namun Cinta tetap turut andil dalam mendonasikan uang hasil kerja kerasnya untuk membiayai sekolah tersebut.

"Lumayan besar yang aku kasih buat biaya operasional sekolah ini. Uang yang aku dapatkan dari syuting atau isi acara TV aku berikan ke Pangerasan Education Center untuk bayar gaji guru, untuk buku-buku anak-anak dan lain sebagainya. Aku merasa sukses karier dan pendidikan yang aku dapatkan sekarang, salah satu alasannya pasti karena anak-anak ini (yang dibantu Cinta) mendoakan aku supaya bisa selalu sukses,” bilangnya. Cinta berharap apa yang ia lakukan dapat membantu banyak anak-anak agar masa depan mereka menjadi lebih baik.

Saat ini Cinta hanya membantu anak-anak sekolah di Bogor, namun ia berharap kelak bisa membantu banyak sekolah di seluruh Indonesia.

"Hopefully, kalau foundation Soekarseno Peduli ini semakin besar, kami akan membantu sekolah se-Indonesia, tapi sekarang fokus di Bogor dulu. Sudah ada sekitar 11 sekolah yang kami bantu bangun dan sudah lebih dari 4.000 anak-anak yang kami bantu dan mereka sekolah gratis, tidak usah bayar apa-apa," katanya bersemangat.

(sarah/ade)

Penulis : Sarah Christiani
Editor : Sarah Christiani