Tenggelam dalam Suasana Vintage Sambil Menyantap Menu Khas Vietnam di Phobar

Khairiyah Sartika | 17 Januari 2014 | 15:09 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - DI Indonesia, makanan khas Vietnam merupakan santapan kuliner yang masih tersedia secara terbatas dan belum sepopuler makanan asal Cina, Korea, maupun Italia.

Salah satu restoran yang terletak di kawasan Fairgrounds, SCBD Lot 14, Jakarta Selatan Anda dapat memanjakan lidah dengan berbagai hidangan istimewa khas Vietnam.

Phobar, lounge & dining, didirikan oleh Kepala Lamborghini Club Indonesia, Bob Indrasasana bersama beberapa orang teman dari Lamborghini Club dan Ferrari Club Indonesia.

"Selama ini makanan Vietnam di Indonesia kan masih kelas menengah ke bawah. Jadi kami ingin mengusung satu konsep yang baru yaitu bistro kelas bintang lima dengan harga terjangkau tapi juga mengusung konsep bar secara bersamaan dengan harga terjangkau, jadi bisa menjangkau mereka yang menengah ke bawah hingga menengah ke atas," ungkap Fika, General Manager Phobar kepada Bintang Online, (10/1).

Menurut Fika, pada 3 bulan pertama dibuka, Phobar hanya menawarkan secara khusus sajian Vietnam Authentic Cuisine atau menu makanan asli Vietnam yang diambil dari Vietnam Selatan.

"Kuliner di Vietnam Selatan paling dekat dengan Indonesia sehingga cita rasanya lebih pas," jelasnya.

Namun pada akhirnya, pilihan menu pun dibuat semakin bervariasi dengan menawarkan sedikit sentuhan menu western untuk memperluas pilihan menu bagi pengunjung yang ingin menyantap hidangan lain.

Beberapa menu khas Vietnam yang kami highlight yakni, Vietnamese Salad, Vietnamese Rolls, Seafood Fried Rice Saigon Style, serta pilihan dessert seperti Flan Cake (Kem Flan) in Vietnamese Coffee Syrup yang disajikan dingin, Vietnamese Rice Dumplings in Ginger Syrup (Che Troi Nuoc) dan Vietnamese Xu Xe Cake yang terbuat dari tapioka dan kacang hijau dan dibentuk kotak bersama parutan kelapa dan disajikan di atas kotak janur.

Bagi yang ingin mencicipi beberapa makanan berat yang termasuk pilihan best selling terdapat diantaranya, Beef Noodle Soup, Shaking Beef Tomato Rice, dan Vietnamese Grilled Chicken Broken Rice. Sedangkan, beberapa pilihan ringan yang cukup direkomendasikan antara lain, Ifumi, Fried Spring Rolls Cha Gio/Nem Ran.

Sejumlah minuman pun tersedia mulai dari jenis non alkohol seperti jus segar, teh dan vietnamese coffee serta pilihan beralkohol seperti vintage cocktail, long drinks, wine, tequilla dan siganture cocktail. Secara keseluruhan, makanan dan minuman di Phobar cukup bervariasi bergnatung pada jenisnya, kisaran harganya mulai dari Rp 30 ribu ke atas.

Di sini, Anda tak hanya bisa menikmati menu makanan yang tersedia, tetapi juga suasana yang dimunculkan oleh sisi interior Phobar yang cukup menarik perhatian. Misalnya, ketika hendak masuk ke dalam Phobar, gagang pintu yang didesain dengan sentuhan rusty atau berkarat. Begitu pun saat melangkahkan kaki ke dalam, dapat ditemui beberapa frame, lukisan vintage, kotak musik antik, cermin, rak-rak kayu dan botol minuman yang disusun secara rapi sehingga memberikan sentuhan classy. Serangkaian chandelier megah di tengah juga menambah keindahan interior secara keseluruhan.

"Sebenarnya, konsep yang ingin diusung adalah vintage rustic, tapi memang tidak ingin terkesan tua namun ada sentuhan modern," terang Fika.

Tempat makan yang mampu menampung kisaran 150 orang itu juga menyediakan berbagai event menarik seperti DJ Night setiap Jumat malam, serta Salsa Night tiap Kamis malam serta Sabtu siang. Phobar juga dilengkapi dengan fasilitas berupa ruang VIP, area smoking serta non-smoking.

Beberapa selebriti seperti Dian Sastrowardoyo, Mario Lawalatta, Oscar Lawalatta, Sarah Sechan, Piyu Padi serta Mike Lewis merupakan beberapa selebriti yang pernah menikmati hidangan di tempat ini.

Untuk jam operasional Phobar buka Minggu sampai Kamis dari 11 siang - 11 malam serta Jumat sampai Sabtu 11 siang - 1 pagi (kondisional).

Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana vintage untuk menghangatkan sekaligus mencicipi keunikan cita rasa masakan Vietnam, tak ada salahnya mengunjungi Phobar sambil menikmati waktu bersama orang-orang terdekat.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor : Khairiyah Sartika