Hemat Air dalam Kegiatan Sehari-hari Sekarang Juga!

Yuriantin | 22 Maret 2017 | 16:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Air merupakan kebutuhan dasar manusia. Sayangnya, masih banyak yang tidak sadar bahwa air bisa menjadi barang langka. 

Bahkan seperti dikutip dari laman Tempo, separuh warga Jakarta atau sekitar 4 juta warga tidak mendapatkan akses air bersih. Pasokan air PT Perusahaan Air Minum (PAM) terbatas sedangkan sebagian air tanah memiliki kualitas yang rendah. 

Sebagai masyarakat yang memiliki akses terhadap air bersih, tidak ada salahnya kita mulai menjaga pasokan air dengan menghematnya. Kita bisa memulalnya dari kegiatan sehari-hari kita. 

Mencuci piring
Piring berminyak membutuhkan sabun ekstra untuk membersihkannya dan lebih banyak air untuk membilasnya. Angkat minyak dengan kertas bekas supaya Anda lebih mudah membersihkannya. 

Setelahnya, tumpuk piring kotor pada wastafel dan bilas piring satu per satu. Air bilasan yang jatuh mengenai tumpukan piring kotor di bawahnya akan membantu melepaskan minyak atau sisa makanan yang tertinggal di piring. Hasilnya, Anda tidak hanya lebih hemat air dan sabun, namun juga waktu. 

Mencuci baju 
Supaya lebih hemat air, cucilah beberapa pakaian kotor sekaligus. Tumpuk pakaian kotor beberapa hari dan usahakan agar tidak meredam pakaian jika tidak ingin mencuci baju sesegera mungkin. Rendam pakaian kotor beberapa jam sebelumnya jika ingin mengangkat bau kurang sedap pada pakaian. Namun, ingat terlalu lama merendam pakaian apalagi hingga berhari-hari justru akan membuat pakaian berbau apak. Yang terkadang menyebabkan penggunaan detergen berlebihan sehingga membutuhkan air yang lebih banyak untuk membilas pakaian.  

Mandi 
Gunakan pancuran untuk mandi atau sekadar membersihkan tubuh. Ketika ingin menyikat gigi, tampung air bilasan pada sebuah gelas dibanding membiarkan keran air terus menyala. 

 

(yuri/gur)

 

Penulis : Yuriantin
Editor : Yuriantin