Shandy Purnamasari jadi Orang Tua Angkat UMKM Kosmetik

Binsar Hutapea | 9 Agustus 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai bagian komitmen untuk mendukung pertumbuhan industri kosmetik dan perawatan kulit di Indonesia, PT Kosmetika Global Indonesia (KGI) telah menandatangani perjanjian sebagai Orang Tua Angkat UMKM Kosmetik bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Acara penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Plt. Kepala BPOM L. Rizka Andalusia. Penandatanganan dilakukan oleh Ibu Shandy Purnamasari, Founder KGI, bersama dengan lima perusahaan kosmetik lainnya pada acara pembukaan Wellfest 2024: Natural Beauty and Wellness yang diadakan di Central Park Mall, Jakarta.

Shandy Purnamasari, yang juga merupakan Founder J99 Corp., menyatakan bahwa penandatanganan akta ini bentuk nyata dari komitmen KGI terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. "Di bawah naungan J99 Corp., KGI memegang teguh nilai-nilai CHAMPION, salah satunya adalah tanggung jawab sosial.

Kami berkomitmen untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung pertumbuhan kami. Partisipasi KGI sebagai Orang Tua Angkat UMKM Kosmetik, yang diprakarsai oleh BPOM, adalah bagian dari komitmen kami untuk mendukung kemajuan UMKM, khususnya di sektor kosmetik dan perawatan kulit," ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, L. Rizka Andalusia selaku Plt. Kepala BPOM menyebut Wellfest 2024 adalah platform yang memungkinkan masyarakat mendapatkan informasi tentang gaya hidup sehat serta mengenal dan membeli produk kecantikan dan kesehatan yang terjamin kualitasnya.

"BPOM bekerja sama dengan berbagai sektor untuk mendukung pertumbuhan industri wellness di Indonesia, termasuk industri kosmetik lokal, guna meningkatkan daya saing di pasar global. Dalam rangkaian Wellfest 2024, BPOM juga meluncurkan program Orang Tua Angkat UMKM Obat Bahan Alam dan Kosmetik".

Program ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM dalam aspek perizinan, standar fasilitas, mutu produk, teknologi, hingga pemasaran, agar UMKM dapat memenuhi ketentuan dan berkembang lebih cepat dengan daya saing yang tinggi. Kami berharap Wellfest 2024: Natural Beauty and Wellness dapat menjadi bukti nyata dukungan terhadap pertumbuhan industri wellness dan perekonomian Indonesia.”

Sebagai Orang Tua Angkat UMKM Kosmetik, KGI akan memfasilitasi UMKM yang menjadi anak asuhnya melalui berbagai bentuk dukungan, seperti sosialisasi, bimbingan teknis, transfer teknologi, pendampingan, magang/praktek kerja lapang (PKL), penyediaan peralatan, promosi, pemasaran, dan bentuk bantuan lainnya. Fasilitasi ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi UMKM dan membantu mereka berkembang.

Shandy Purnamasari juga mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan BPOM dalam program ini.

"Kami berterima kasih kepada BPOM dan semua pihak terkait yang telah memberikan kepercayaan kepada KGI untuk berpartisipasi dalam Program Orang Tua Angkat UMKM Kosmetik. Sebagai Orang Tua Angkat, KGI akan berpegang teguh pada nilai-nilai moral dan nilai CHAMPION yang merupakan nilai-nilai luhur kami di J99".

"Kami berkomitmen untuk membekali UMKM asuhan dengan keterampilan dan semangat untuk menjadi unggul di bidang kosmetik. Ini sejalan dengan semangat kami untuk memajukan usaha lokal dan mendukung perekonomian nasional. Semoga langkah awal ini dapat membawa UMKM Kosmetik Indonesia untuk berkembang lebih maju, baik di pasar lokal maupun global,” pungkasnya.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Supriyanto