10 Lagu Barat Terpopuler 2016 (Bagian 1)

Andira Putri | 30 Desember 2016 | 10:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perkembangan musik Barat di tahun 2016 bisa dibilang beragam. Berbagai jenis musik dari mulai pop, R&B, dance hingga rock setia wara-wiri di tangga lagu dunia. Tidak ada jenis musik yang mendominasi. Semua musisi mendapat kesempatan mencetak hits di tahun 2016.

Kami telah memilih 10 lagu Barat yang paling populer di tahun 2016. Daftar ini boleh dibilang merangkum berbagai jenis musik yang diminati sepanjang tahun ini. Kami mengukurnya dari prestasi di tangga lagu dunia, pemutarannya di radio lokal hingga kejadian viral.

Lagu Barat apa saja yang berhasil masuk daftar terpopuler 2016? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

'Closer' - The Chainsmokers

Bintang The Chainsmokers bersinar terang di tahun 2016. Duo DJ asal Amerika Serikat ini sukses mencetak hit demi hit sepanjang tahun. Salah satunya adalah 'Closer'. Lagu ini menjadi lagu pertama The Chainsmokers yang debut di posisi nomor satu tangga lagu Amerika Serikat Billboard Hot 100. 'Closer' mempertahankan eksistensinya dengan bertahan di puncak Billboard Hot 100 selama 12 minggu.

Kepopuleran 'Closer' tidak sebatas di Amerika Serikat saja, tetapi juga merambah negara lain termasuk Indonesia. 'Closer' sering diputar di sejumlah radio lokal. Coba saja Anda perhatikan, 'Closer' minimal diputar sekali dalam sehari di radio-radio tersebut.

Apa yang membuat 'Closer' begitu disukai orang? 'Closer' memiliki dinamika lagu yang kuat dengan beat mudah diikuti. Kekuatan beat 'Closer' dilengkapi dengan lirik yang sederhana tentang cinta. Liriknya terasa dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga bisa membuat Anda baper saat mendengarnya.

'Dessert' - Dawin

'Dessert' adalah salah satu lagu yang populer di Indonesia pada tahun 2016. Lagu berirama dance ini memiliki beat cepat yang bisa membuat Anda bersemangat mendengarnya. 'Dessert' sempat ramai diperbincangkan ketika muncul parodi liriknya dalam acara Inbox SCTV. Reffrain lagu 'Dessert' diganti dengan kata 'Bunda Bunda Rita' yang memang terdengar mirip. Parodi lirik 'Bunda Bunda Rita' berlanjut saat video anak-anak SD berjoget lagu ini jadi viral di media sosial.

Kepopuleran lagu 'Dessert' membuat Dawin diundang mengisi acara di Indonesia. Dawin sempat menjadi pengisi acara NET Indonesian Choice Awards 2016 bulan Juni lalu.

'All I Ask' - Adele

'All I Ask' adalah salah satu single andalan dari album ketiga Adele, 25. Lewat 'All I Ask', Adele kembali menunjukkan kehebatannya menyanyikan lagu ballad. Adele mulus menaklukan nada-nada tinggi sambil memberikan penjiwaan kuat di lagu ini. Publik pun terbawa suasana ketika mendengarnya. Apalagi lirik lagu ciptaan Bruno Mars ini cenderung galau tentang perpisahan dengan pacar.

Di Indonesia, 'All I Ask' termasuk sering mengudara di radio lokal. Lagu ini juga kerap dinyanyikan versi cover oleh selebriti seperti Ayu Ting Ting, Syahrini, dan Rina Nose.

'Love Yourself' - Justin Bieber

'Love Yourself' sejujurnya tidak terasa seperti lagu Justin Bieber. Lagu ciptaan Ed Sheeran ini mengusung musik pop ringan dengan iringan gitar akustik. Sungguh berbeda dengan lagu Justin Bieber lain yang umumnya bernuansa dance.

Namun, eksperimen Justin Bieber dalam 'Love Yourself' justru disukai orang. 'Love Yourself' berhasil debut di posisi pertama Billboard Hot 100 dan UK Singles Chart. Prestasi Justin Bieber berlanjut dimana 'Love Yourself' masuk nominasi Grammy Awards 2017 dalam kategori Song of the Year dan Best Pop Solo Performance.

'Work' - Rihanna & Drake

'Work' merupakan salah satu lagu yang viral di tahun 2016. Lagu bernuansa reggae-pop ini menjadi viral karena lirik dan nada lagunya yang unik sehingga kerap dijadikan omongan di media sosial. Dari mulai curhatan soal pekerjaan hingga bahan parodi, semuanya memakai kata 'work work work work work'. Viralnya lagu 'Work' juga bisa terlihat dari jumlah penonton video klipnya di Youtube. Hingga saat ini, video klip 'Work' sudah ditonton lebih dari 800 juta kali di situs tersebut.

'Work' kemudian mengantar Rihanna menjadi penyanyi perempuan yang menempati posisi tertinggi dalam tangga lagu Billboard Hot 100 di akhir tahun 2016. Rihanna menempati posisi keempat setelah Justin Bieber dan Drake.


(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor : Andira Putri