RESENSI FILM Happy Death Day 2U: Eksplorasi yang Penuh Kejutan dan Seru

Panditio Rayendra | 13 Februari 2019 | 19:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sukses film Happy Death Day pada 2017 yang meraup pendapatan 125,5 juta dolar Amerika dari budget 4,8 juta, membuahkan sekuel yang berjudul Happy Death Day 2U. Semua pemain inti film Happy Death Day kembali meneruskan perannya di Happy Death Day 2U.

Happy Death Day 2U diawali dengan Ryan (Phi Vu) yang mendapat pengalaman mengulang waktu setelah dibunuh, seperti yang pernah dialami Tree (Jessica Rothe). Mendengar Ryan mengalami hal yang sama dengannya, Tree kaget. Bersama Carter (Israel Broussard), Tree mengikuti gerak-gerik Ryan. Terungkap bahwa Ryan selama ini mengembangkan sebuah mesin yang dapat membuat manusia berpindah dimensi. Karena algoritma mesin tersebut belum sempurna, menyebabkan seseorang bisa terlempar ke dimensi berbeda. Saat hendak memperbaiki keadaan, kekacauan terjadi dan menyebabkan Tree harus kembali mengulang hari di mana ia akan dibunuh. Tree menganggap segalanya akan mudah karena ia telah berkali-kali mengulang, namun yang dia hadapi tak sepenuhnya sama dengan yang sebelumnya.

Happy Death Day yang pertama menonjolkan ketegangan yang dihadapi Tree dalam melawan sekaligus mengungkap siapa pembunuhnya. Kami sempat menduga, jika aturan mainnya hanya mengulang film pertama, tentu akan membosankan. Faktanya Happy Death Day 2U melakukan improvisasi dan eksplorasi jauh lebih luas. Tak lagi fokus pada misteri atau thriller, Happy Death Day 2U juga menyajikan banyak adegan lucu yang sukses mengocok perut. Humor slapstick bertebaran, termasuk cara mati yang semakin variatif. Beberapa karakter seperti Carter, Ryan, dan Danielle (Rachel Matthews) mendapat peran lebih dan menghidupkan cerita.

Tak hanya di situ, mesin yang dirancang Ryan dan kawan-kawan membuat Happy Death Day 2U cukup kental nuansa sci-fi. Tak sekadar tempelan, efek visual dan set dibuat dengan meyakinkan. Dalam sebuah adegan, karakternya pun tak sungkan membahas film Back to the Future. Happy Death Day 2U pun memberikan sentuhan drama yang menohok. Tidak sekadar tertawa dan teriak, Happy Death Day 2U menyuguhkan kesan melankolis tatkala Tree dihadapkan pada sebuah pilihan yang pelik.

Happy Death Day 2U digarap oleh sutradara yang sama dengan Happy Death Day, yaitu Christopher Landon. Landon juga bertindak sebagai penulis naskah, menggantikan Scott Lobdell. Hal ini agaknya membuat Happy Death Day 2U terasa lebih lepas, menyajikan berbagai mood dan mix n match genre dalam porsi yang pas. Satu lagi, jangan buru-buru beranjak karena ada adegan menarik di tengah credit title.

(ray/ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor : Panditio Rayendra