Cegah Infeksi Corona, Ini 8 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengolah Herbal

Adi Adrian | 26 Maret 2020 | 02:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tanaman herbal jika dikonsumsi rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di tengah wabah Corona Covid 19.

Sport Nutritionist and Disease Prevention, Emilia Achmadi, MS., RDN., mengingatkan, menurut WHO, bahan herbal belum terbukti klinis menyembuhkan penyakit.

Pengobatan tradisional mungkin meringankan gejala tapi belum ada riset yang menunjukkan bahwa metode itu bisa mencegah atau menyembuhkan penyakit akibat Covid 19. Meski begitu manfaat terbesar herbal yakni membantu meningkatkan imunitas tubuh.

“Sehingga kita tidak mudah terinfeksi virus,” terang Emilia dalam keterangan pers yang diterima tabloidbintang.com, pekan ini.

Tentu ini harus tetap diikuti upaya pencegahan lain, seperti gaya hidup sehat, cuci tangan pakai sabun, konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan buah, dan sayur.

“Selain itu olahraga teratur, istirahat cukup, dan jaga jarak aman minimal satu meter atau social distancing untuk memutus rantai penularan virus,” imbuhnya.

Bila dikonsumsi dalam bentuk segar, ada 8 cara yang mesti Anda perhatikan.

Siapkan herbal yang belum dikupas seukuran ibu jari. Potong-potong setebal 1 sampai 2 cm, lalu memarkan. Masukkan ke cangkir ukuran 250 ml, seduh dengan air bersuhu 70 derajat Celcius. Diamkan selama 4 menit, lalu minum sampai habis.

Dalam kondisi sehat, minumlah ramuan 1 atau 2 cangkir per hari. Sisa herbal yang belum diolah divakum dulu untuk menghindari oksidasi dan paparan sinar ultraviolet lalu simpan kulkas.

“Ingat, menyimpan sediaan herbal dalam waktu lama akan menghilangkan khasiat zat aktif yang ada di dalamnya,” Emilia menukas.

Jika tak punya waktu meracik, Anda bisa mengonsumsi suplemen herbal siap minum. Sebelum beli, pastikan suplemen berasal dari herbal segar berkualitas, terukur dosisnya, dan diproduksi dengan standarisasi Good Manufacturing Practice. Herbana, misalnya.

Founder Herbana, Jesslyn Rahardjo, menjelaskan, “Herbana hadir dengan ekstrak kunyit, temulawak, jahe, daun kelor, meniran, dan jinten hitam yang terdapat dalam lini produk Herbana Relief Sari. Fungsinya meningkatkan daya tahan tubuh. Kesegaran dan kualitas bahan-bahan mentah ini terjamin.”

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian